CABE-CABEAN VS TERONG-TERONGAN

by - 18.39

duel

Jaman semakin berkembang dan semakin maju. Makin kesini makin banyak istilah macam – macam. Sejak Vicky Prasetyo hadir dengan bahasa nya yang penuh  kontroversi itu, kini hadir istilah baru yaitu cabe- cabean dan terong- terongan. Gue sempet bingung kenapa dua jenis sayuran itu makin kesini makin nge-trend dan makin sering disebut- sebut namanya. Apa mungkin dia sering tampil di acara musik yang sering joget sambil cuci- cuci-jemur- jemur itu? Ah nggak mungkin juga kayanya. Terus mereka siapa? Anak siapa? Punya pacar apa nggaak?

Oke gue tau yang barusan itu nggak lucu. Kembali ke topik pembicaraan kita tadi. Kita? Lo aja kaleeee. Menurut informasi yang udah gue dapat, ternyata cabe dan terong itu adalah istilah buat anak- anak remaja jaman sekarang. Loh kok bisa? Oke gue bakalan ngejabarin apa sih cabe- cabean dan terong- terongan itu.

hot = uham uham
Menurut artikel yang gue baca, cabe- cabean sendiri itu bahasa inggrisnya ‘hot’ yang artinya panas. Cabe- cabean juga bisa berarti cewek murahan atau bisa disebut jablay, jablay cilik, yang kemana-mana sukanya pake celana panas, kalo naik motor demennya bonceng bertiga atau berempat, sukanya pake behel 200 ribuan, kalo dandan menor udah kaya tante- tante girang.

Yang gue heranin cabe- cabean itu sekarang udah marak dimana-mana sampe si bang Gofar Hilman ngebagi kriteria jenis cabe-cabean yang ada menjadi tiga. Ada cabe ijo, cabe merah dan cabe oren.

- Cabe Ijo
Cabe Ijo ini merupakan tipe dari para Cabe-cabean yang tergolong kelas atas. Biasanya, Cabe-cabean ini berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) gaul di Jakarta. Nongkrongnya di tempat yang lagi hits banget. Dandanannya dress up parah. Kalau pergi ke mall misalnya, sudah kayak mau ke kondangan. Cabe-cabean  tipe satu ini sangat ingin sekali dibilang dewasa.

- Cabe Merah
Untuk tipe yang satu ini, biasanya para Cabe-cabean  ini memilih untuk kongkow di club yang ada di sekitaran Kemang, Jakarta Selatan. "Sebelum masuk ke club, nongkrong dulu di salah satu swalayan (nyebut merek), nunggu guestlist. Hidup gratisan!."

- Cabe Oren
Tipe cabe oren adalah tipe cabe di jalanan. Tipe ini nongkrongnya sambil ngelihatin orang balapan liar. Ketika sore, para Cabe-cabean  ini senang banget naik motor bonceng tiga, dan nggak pake helm. Biasanya sambil cekikikan, sambil mainin hape, dan pakai behel Rp 200 ribuan.

Dan satu lagi tambahan dari gue, yaitu Cabe Kering. Tipe ini biasanya umurnya sudah menginjak usia tua. Biar pun sudah berumur, jenis Cabe-cabean  itu nggak mau kalah ngetrend dari Cabe-cabean  yang lain. Biasanya cabe yang satu ini gayanya ingin seperti anak muda.


cabe kering
Nah, nggak cuma remaja cewek aja yang pengen eksis. Ternyata remaja cowok juga nggak mau kalah saing. Mereka memiliki istilah yang sama kaya Cabe-cabean, yaitu Terong-terongan. Kenapa bisa pake istilah terong? Apa karena bentuknya yang lonjong kaya lontong? Apa karena warnanya ungu ungu unyu gimana gituuuh. Menurut abang Gofar Hilman, terong-terongan itu tertuju pada remaja cowok yang tergolong alay atau jamet yang sangat mengganggu sekali. Tapi, ada juga yang bilang terong - terongan ini banci-banci belia yang bancinya kaleng banget. Kalo menurut Young Lex, terong-terongan tertuju pada siswa di Sekolah Teknik Menengah (STM) yang doyan banget sama yang namanya tawuran. Nggak cuma itu aja, terong-terongan ini kerap mengenakan topi yang ketekuk dan memasang fotonya sendiri di jejaring sosial seperti acebook, sambil mengisap ganja.

lonjong=panjang
Melihat dua fenomena tadi, gue jadi prihatin kenapa banyak banget remaja yang kayak gitu. Mungkin kurang perhatian dari pihak orang tua nya. Mereka juga kebawa sama pergaulan yang nggak benar. Gue harap anak-anak remaja saat ini bisa berfikir ke arah yang positif. Supaya mereka nggak terjerumus ke hal-hal negatif. Bisa dengan ngembangin hobby mereka. Misal yang punya hobby menulis, mereka bisa menceritakan semua pengalaman mereka lewat blog. Udah dulu ya artikelnya sampe disini aja, jari- jari gue udah keriting solanya hehehe. Semoga artikel yang gue buat ini bermanfaat ya buat kalian :))

Dari pada ribet ngomongin cabe-cabean dan terong-terongan mending kita sulap aja mereka. Kita nikahin mereka berdua biar nggak ada lagi istilah-istilah yang kaya gitu. Simsalabim kaarbaarba, trriiiinngggg!!!

cabe vs terong

You May Also Like

25 komentar

  1. Yasaman, baru tau. *geleng-geleng kepala* ckckkck

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mereka kan tenar udah lama banget loh, tapi si terong ketenarannya belum mampu mengalahi si cabe

      Hapus
  2. Hahaha btw gue juga ada nih postingan tentang cabe-cabean -> sikecilberotot.blogspot.com/2013/12/fenome

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, gue udah baca postingan lo barusan. gue geli liat gambar cewe yg lagi pamer aurat wkwkwk

      Hapus
  3. Aamiin, semoga harapannya tercapai. Remaja sekarang terlalu terpaku dengan kata-kata "life while we're young" dan "we're just having fun" sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin :) Nah, kebanyakan dari mereka itu kebawa sama pergaulan. Mungkin menurut mereka, kalo nggak ngikutin gaya jaman sekarang dibilang cupu dan nggak gaul.

      Hapus
  4. terong + cabe = terong balado. cerdas banget kak! ada-ada aja -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emang bener tau dik :D terong balado itu kan bahan - bahannya ada terong sama cabe. Karena mereka nggak mau jadi bahan perbincangan lagi, makanya mereka bergabung :))

      Hapus
  5. Hahahaha ngakak deh :D
    Blogwalking, visit back ya :)
    http://atikasita.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Sekarang sedang ngetrend yg beginian, mungkin kalo ada orang yg badannya bau disebut jengkol-jengkolan kali ye? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lagi ngetrend gara - gara kelakuan remaja ababil yg makin aneh. Kalo ada orang yg badannya bau, namanya dia males mandi:p

      Hapus
  7. Astaghfirullah, gue baru tahu ada yang namanya terong-terongan. Apa pula itu. -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo emang kemana aja di? Wahahaha terong - terongan itu emang ngga sepopuler cabe - cabean, makanya jarang muncul tuh si terong:p

      Hapus
  8. kurang satu tuh terong dicabein yaitu bencong jadi bencong masuknya kategori terong dicabein kl terong"an baru anak" alay nd anak" yg suka ngesepin ganja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha tau aja deh Kak Obi. Apa jangan-jangan kakak termasuk yang itu ya? ~~\o/

      Hapus
  9. Sue men article is beautiful no thanks whot are miss u love me.

    Pengobatan Penyakit Kista

    BalasHapus
  10. Susah hamil karena tuba fallopi tersumba atau saluran indung telur tersumbat ! Atasi dengan cara melancarkan saluran indung telur yaitu dengan Obat Herbal Tuba Fallopi dari obat herbal perpaduan antara kulit manggis dan daun sirsak

    BalasHapus
  11. Menyembuhkan jantung koroner dengan pengobatan ala alternatif yang aman dan tanpa efek samping, Ingin info lebih lanjut bisa langsung kunjungi website resmi kami Obat Penyakit Jantung Koroner

    BalasHapus
  12. Cara mengatasi kanker hati dengan ramuan herbal yang sangat efektif mengatasi kanker darah dengan cepat aman dan tidak mengandung efek samping. Ramuan herbal untuk obat tradisioanl kanker hati yang terbuat dari bahan tradisional yaitu kulit manggis dan daun sirsak yang sudah teruji klinis untuk menghancurkan sel kanker hati dengan cepat.

    BalasHapus
  13. Kami adalah agen obat herbal terpercaya yang siap melayani anda dengan layanan terbaik kami yaitu kirim barang dulu dan setelah sampai baru transfer pembayaran

    Obat Herbal Tuba Fallopi
    Tips Obat Jantung
    Pengobatan Kanker Ginjal
    Tips Obat Penyakit Gondok

    BalasHapus
  14. TIps menyembuhkan penyakit hernia dengan metode pengobatal ilmiah dari obat herbal ace maxs perpaduan antara kulit manggis

    dan daun sirsak yang sudah sangat teruji khasiat dan manfaatnya. Ace maxs adalah produk unggulan dari PT.H2O internasional yang

    sudah memiliki legalitas yang resmi dari BPOM.

    Obat Penyakit Hernia
    Obat Turun Berok Pada Wanita
    Obat Hernia Pada Anak Laki-Laki
    Obat Hernia Tanpa Operasi
    Obat Alami Penyakit Hernia
    Obat Herbal Hernia
    Obat Herbal Penyakit Hernia
    Obat Hernia Pada Anak
    Obat Hernia Setelah Melahirkan

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~