EVALUASI 2K17

by - 07.52


Assalamualaikum…

Sadar nggak sadar sekarang kita sudah di hadapkan dengan pergantian tahun. Perasaan dulu gue ngeblog terakhir sekitaran bulan Januari 2016, eh sekarang gue baru sempet nulis lagi hari ini di bulan Januari 2017. Ah, waktu memang berjalan begitu cepat. Di awal tahun gini, biasanya orang-orang langsung membuat resolusi mereka untuk setahun ke depan. Tapi, beda dengan gue. Gue belum mikirin resolusi apa yang bakal gue lakuin untuk setahun ke depan. Kenapa gue belum buat? Karena sebelum membuat resolusi, gue harus benar-benar mengevaluasi diri gue sendiri. Baik apa aja yang udah gue lakuin, prestasi apa yang udah gue ukir, kenakalan macam apalagi yang gue buat, dan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan gue selama setahun kemarin. Toh, buat apa tiap tahun kita buat resolusi kalo kita belum bisa mengevaluasi diri sendiri :)


Kali ini gue mau benar-benar mengevaluasi diri gue secara keseluruhan. Agar gue bisa tahu apa saja yang belum terwujud selama setahun kemarin dan apa aja yang mesti gue perbaiki di tahun ini. So, sekarang saatnya gue mengupas tuntas semuanya.

1. Biasakan diri untuk menulis
Ini adalah hal pertama yang harus benar-benar gue evaluasi. Ntah apa yang terjadi sama diri gue, setahun kemarin gue benar-benar males banget nulis. Baik nulis blog, tugas, ataupun apapun. Akibatnya? Blog gue jadi sepi, tugas keteteran, notulen rapat bertebaran ntah kemana, dan tulisan tangan gue jadi jelek. Iya, benar-benar jelek dan berantakan. Gue harus benar-benar menghapus kebiasaan buruk gue yang satu ini karena kalau nggak ya pasti akan berdampak buruk di kehidupan gue ke depannya. Nilai IPK gue pun bisa terancam terjun paying kalau gue tetap membiarkan kebiasaan gue ini terus menerus.


2. Perbanyak baca buku
Ini adalah hal terburuk kedua yang gue lakukan selama setahun kemarin. Kebiasaan gue untuk membaca buku benar-benar hilang. Ntah karena malas atau apa. Tapi, kayaknya minat baca gue menurun karena gue terlalu asyik berselancar di dunia maya maupun nyata. Mulai dari aktif di instagram, path, whatsapp, dan line. Lalu, di dunia maya gue disibukkan dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari ngejalanin proker HIMA (Himpunan Mahasiswa) hingga menuju SU (Sidang Umum), lalu gue mengikuti LKTM (Latihan Kepemimpinan Tingkat Madya) agar gue bisa naik ke tingkat Fakultas, dan kegiatan di komunitas Mata Ponsel dan Grup Muhasabah.


3. Mengatur waktu dengan baik
Ah, hal bodoh ini emang terus-terusan gue lakuin di setiap tahun kayaknya. Gue benar-benar belum bisa mengatur waktu gue dengan baik. Faktor ini lah yang menjadi sebab hidup gue menjadi tidak teratur selama setahun kemarin. Mulai dari kebiasaan gue yang kadang suka nunda waktu untuk sholat, suka males ngaji dan ngerjain tugas, beresin kosan, dateng kuliah suka telat, dateng rapat juga suka telat, kalo janjian suka ngaret, sampai waktu untuk keluarga pun semuanya keteteran. Tahun ini gue harus memperbaiki semuanya. Harus banget pokoknya. Gue nggak mau lagi ditegur Allah karena malas beribadah, nggak mau lagi ditegur orangtua karena suka susah bangun pagi dan sering pulang malam, nggak mau lagi disindir dosen karena suka dateng telat, dan nggak mau lagi ngecewain teman-teman gue baik di organisasi maupun di luar sana.


4. Hargai siapapun yang berada di sisimu
Gue ngerasa benar-benar kecewa dengan apa yang udah gue lakuin di tahun kemarin. Gue belum bisa menghargai kehadiran orang-orang yang ada di sekitar gue. Disini yang gue maksud bukan ngejahatin orang atau apapun ya. Tapi, lebih ke arah mengecewakan. Gara-gara kebiasaan gue yang ada di poin 3, banyak orang-orang yang merasa sudah dikecewakan oleh sikap gue. Pertama, orangtua. Jujur, di tahun kemarin gue kayaknya paling banyak ngecewain mereka dan ngerepotin mereka. Mulai dari gue yang nakal suka pulang lewat dari batas jam malam yang sudah ditentukan orang rumah, suka males kalo disuruh ini itu, hingga pola hidup gue yang terlalu boros. Semua itu yang membuat kepercayaan orangtua gue terhadap gue mulai berkurang. Iya, gue masih suka ngeyel kalo diberi nasihat. Baik sama mereka ataupun kakak gue. But, gue masih bersyukur banget karena masih punya mereka yang benar-benar peduli dengan seluruh kehidupan gue. Mereka lah alarm terbaik di hidup gue.

Kedua, gue sudah mengecewakan beberapa orang yang (dulunya) menganggap gue begitu penting di hidupnya. Mulai dari cuekin chat, nggak pernah peduli sama perhatian yang udah dikasih, dan nggak peka dengan perasaan mereka. Disini emang gue yang salah, jadi wajar kalau mereka pergi meninggalkan gue satu persatu. Sakit? Menyesal? Pasti ada. Gue percaya karma itu ada. Apapun yang gue dapat saat ini adalah hasil dari segala hal yang telah gue lakukan ke meraka. But, hal ini harus gue jadiin pelajaran agar ke depannya nanti gue bisa lebih menghargai siapapun yang menganggap gue penting di hidupnya.

Ketiga, orang-orang yang ada di sekitar gue. Mulai dari partner kosan, teman-teman organisasi, teman-teman sekelas, rekan selama magang, guru-guru di SD tempat gue magang, dosen pengampu mata kuliah yang gue ambil, serta teman-teman gue lainnya. gue. Gue masih suka ngaret kalo lagi janjian, suka iseng, kadang bawelnya nggak ketolong, suka nggak jelas, suka ngaret kalo ngumpulin tugas, dan kadang suka nggak bisa diandelin karena gue terlalu sibuk di organisasi. Dengan segala hormat gue minta maaf ke kalian semua. Maafin sikap buruk gue ini yaa huhuhu…


5. Sayangi diri sendiri
Ini yang paling susah diterapin hehehe. Selama setahun kemarin gue udah jahat banget sama diri sendiri. Gue udah terlalu banyak nyiksa tubuh, fisik, psikis, dan otak gue. Mulai dari terpuruknya gue saat putus sama dia yang (dulunya) jadi pacar, ngedown saat ditinggalin sama orang yang (dulunya) sempat gue bangga-banggakan pas lagi sayang-sayangnya, di php-in sama dia yang hanya sekedar singgah, ngedrop gegara begadang demi tugas dan organisasi, sering telat makan sampe maag kambuh karena fokus ngerjain tugas, udah jarang olahraga, sering setres karena mikirin masalah ini itu, suka lupa pake jaket kalo lagi pulang malem, suka masuk angin gegara ketiduran di lantai pas lagi nugas, dan di akhir tahun kemarin sampe jatoh gegara gue ngebut naik sepeda karena ujan deres. Lo bayangin aja udah segede ini naik sepeda masih jatoh wkwkwk. Malu-maluin banget kan? :(


Sebelum menutup postingan ini, gue mau mengucapkan banyak-banyak terima kasih pada semua orang yang telah hadir mewarnai 366 hari kemarin. Tanpa kalian hidup gue nggak ada sehangat mentari, tanpa kalian bahagia gue nggak akan lengkap, dan tanpa kalian akhir tahun ini bagai sayur tanpa garam. Semoga apa yang telah saya evaluasi di awal tahun ini dapat saya segera perbaiki agar ke depannya kesalahan-kesalahan tahun lalu, tidak saya ulangi lagi di tahun ini.

Wassalamualakum…






(Sumber : https://www.instagram.com/imasagustinn/)
“Kita semua pernah menjadi kembang api di tahun baru seseorang, terbang, menyala, redup, kemudian selesai.”
(Hotel Indonesia, 2017)

You May Also Like

8 komentar

  1. Kalau nulis, ya udah terbukti itu terapi hati banget. Berapa bulan gak nulis bikin depresi. :)

    Banyak baca emang penting tuh. Sering ngerasa goblok banget setelah baca-baca buku yang bagus. Hehe.

    Soal manage waktu gue yang anak Manajemen aja sampai sekarang sering gagal. Wqwq. Susah bener. :(

    Waduy, kisah percintaannya cukup sedih yak. :(
    Ngerasa sedih sendiri pernah nakal pada masanya. Masa laluku jahat sekali. :')

    Btw, semangat buat segalanya! Hehe.

    BalasHapus
  2. IMAAAAAAAAS /peluk. Its been a while! Sepertinya kita sama2 menghilang dari dimensi dunia blog tahun kemarin. Hehehe. Alesan ding, aku cuma nyari temen.

    Ah ya selamat berjuang ya buat jadi diri yang lebih baik lagi. Merubah kebiasaan emang paling susah soalnya berkaitan dengan musuh terbesar: diri sendiri.

    Semoga berhasil!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaah, Chimaaa. Apa kabarnya dirimu? Udah lulus kah? Ih, kangen euy udah lama ga ketemu sama kamuuu :3

      Hapus
  3. Aaaak imas come back :)
    Seneng baca tulisan imas lagi :)

    Next kalo ada kopdar ikutan juga yah biar bisa temu sekalian

    Keep fighting :)
    Everything is gonna be okay
    *cheers*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi siaaap, Virrr...
      Mudah-mudahan bisa sempetin waktu buat ikut kopdar lagi :D

      Hapus
  4. INI APAAN YA SAMPE SEKARANG JUGA KAGAK ADA YANG KEWUJUD. CIH. *dateng cuma buat ngomel2*

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~