JAMBAN BLOGGER

by - 01.13


Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik aja ya, sebaik hubungan kalian sama mantan pacar kalian ya :D Bulan November tahun lalu, gue baru aja gabung sama sebuah komunitas blogger. Nama komunitas tersebut adalah “Jamban Blogger”. Loh Jamban? Kenapa namanya jamban? Kenapa bukan wc? Kenapa nggak pake nama bathroom aja gitu biar kerenan dikit? Ntahlah, sampai saat ini gue sendiri belum menemukan jawabannya. Awalnya gue kenal jamban dari twitternya Bang Ucup. Waktu itu gue liat tweetnya si Sabila (temen gue). Dia habis ikut acara #YukNgeblog yang diadain sama Kak Bena di daerah FX Sudirman. Pas gue ngepoin tweetnya Sabil, gue nggak sengaja liat tweetpic mereka pas lagi di tkp. Lalu, gue nggak sengaja liat twitternya si Ucup. Gue liat bio-nya dia ada tulisan JambanBlogger. Karena gue penasaran, gue pun buka websitenya si Jamban. Gue mulai gabung disana. Ternyata asik banget. Semua orang disana pada welcome banget, baik sama anggota yang lama maupun sama anggota yang baru. Thanks banget loh, Cup. Berkat lo, sekarang gue bisa kenal dengan dunia perjambanan yang sangat indah ini *terharu*.

Pertama denger nama jambanblogger ini, gue langsung kebayang gimana rasanya ngeblog tapi sambil ngejamban. Pastinya bakal ribet ya, manggu laptop pas lagi di jamban.
Oke sip, balik lagi ke topik pembicaraan. Jamban Blogger ini merupakan "Forum Blogger Indonesia" yang menurut gue asik banget. Kenapa bisa asik? Karena di jamban ini nggak banyak peraturannya dibanding dengan forum-forum blogger lainnya. Awalnya, jambanblogger ini dibangun oleh seorang comic yang bernama Hena Wirasatya pada tanggal 10 Januari 2013. Meskipun usianya masih  cukup muda, tapi semua member jamban memiliki wawasan yang luas banget. Tiap pulang bimbel, gue selalu ngeluangin waktu buat nongkrong di http://www.jambanblogger.com soalnya forumnya lengkap banget. Mulai dari belajar tentang website, wirausaha, cara menulis yang baik, pendidikan, sampe urusan asmara.

tampilan website jambanblogger

Oke, sekarang gue mau ngupas tuntas semua bagian-bagian yang ada di website jamban ini.

- Blogger Of The Month

mas helga lagi jadi botm

BOTM ini adalah jabatan untuk orang yang palling aktif di jambanblogger selama satu bulan penuh. Nggak hanya aktif aja, dia juga sering buat postingan yang bagus, ngasih berbagai informasi, komentar dengan jawaban yang bisa dimengerti, dapet banyak like, dan masih banyak lagi pokoknya.

- Tematic Blog

tematic blog

Tematicblog ini bertujuan agar kita tetap konsisten dalam ngeblog. Tema ini di tentukan tiap hari Sabtu. Disaat kehabisan ide untuk ngeblog, kita bisa ngambil tema dari sini. Kita juga bisa belajar buat konsisten dalam menulis. Kali aja dengan kita konsisten menulis dan ngeblog, tiba-tiba ada editor yang dateng ke rumah buat nawarin kita untuk bikin buku :D

- Kenalan
Bagi semua yang baru gabung, diwajibkan banget buat kenalan. Soalnya, lewat kenalan lah kita bisa lebih akrab dengan anggota lainnya. Awalnya sih emang agak canggung pas gabung, tapi lama-lama gue makin deket sama semua anggotanya. Buat kalian yang lagi nyari gebetan, bisa juga kok modusin anggota-anggota baru:p

- Numpang Jamban
Disini kita bisa sharing isi blog kita. Karena dengan mempromosikan tulisan kita, orang-orang juga jadi tahu tentang kita. Nggak cuma itu aja, kita juga bisa blog walking ke website anggota lainnya. Dengan blog walking, traffic pada blog kita bisa meningkat. Bisa menambah teman dan menjalin silaturahmi dengan sesama blogger.

- Artwork
Buat kalian yang jago gambar, jago ngedesain, jago fotografer, dan lainnya, kalian bisa masukin segala macam artwork buatan kalian kesini. Bisa saling sharing juga gimana cara pembuatannya. Saling tukar pikiran tentang seni.
  
- Balkon
Di balkon ini kita bisa saling sharing berbagai macam hal dengan sesama anggota. Biasanya kita saling sharing tentang pendidikan, komunitas, game, film, gosip, bencana alam, dan berita yang lagi hangat-hangatnya.

- Tanya-tanya
Nah, kalo disini kalian cuma boleh nanya seputar blog dan menulis menulis aja, nggak boleh yang lain. Buat yang mau nanya masalah script html, seputar template blog, cara bikin postingan, dll silahkan nanya disini. Nggak usah sungkan. Karena dengan saling bertukar pikiran, pengetahuan dan pengalaman kita akan semakin bertambah.

- Curhat
Lagi galau, tapi nggak punya temen curhat? Nggak usah takut, kalian bisa ceritain masalah kalian kok disini. Yang mau curhat masalah tentang asmara juga boleh. Dulu gue pernah curhat disini gara-gara nggak bisa move on dari si doi. Alhamdulillah banget setelah curhat disini, gue dapet banyak banget pencerahan dan sekarang gue berhasil move on :D

- Review Blog
Buat kalian yang mau di review blognya, kalian bisa screen shoot halaman blog kalian terus di share disini. Kalian bakal dapet masukan dan kritikan yang membuat blog kalian bisa jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

- Kumpul Kopdar
Nggak hanya akrab di media sosial, jambanblogger ini tiap bulannya rutin ngadain kopdar (kopi darat) atau biasa disebut #kumpulkeblog. Acara ini diadain buat  mempererat tali silahturahmi antar sesama anggota di dunia nyata. Buat kalian yang mau ngadain kopdar, kalian bisa janjian dulu. Setelah tempat dan waktunya fix, tinggal dateng aja. Dijamin seru loh.

        Gue sendiri udah 2 kali ikut kumpul keblog bareng anggota regional jabodetabek. Awalnya sih, malu-malu gitu karena banyak yang belum kenal. Tapi, lama kelamaan jadi akrab banget loh. Sebelum ikut kumpul keblog, gue diajakin Tiwi buat dateng ke Festival Pembaca Indonesia. Disitu ada acara talkshownya Kak Bena, Kak Adis, Mas Arie dan Kevin di Museum Mandiri, Jakarta Kota. Mas Arie dan Kevin ini jambaner juga loh. Disinilah pertemuan pertama gue dengan para jambaner. Ada si Tiwi, Lukman, Ade, Miftah, Ailsa dan adeknya Ailsa. Singkat banget sih emang, tapi lumayan seruuu karena gue punya temen baru dan dunia baru :D

1. Kumpul Keblog di Kebun Binatang Ragunan
Ini adalah kumpulkeblog pertama yang gue ikutin. Pas kumpulkeblog di Monas bulan November lalu gue nggak ikut. Maklum gue baru gabung, jadinya nggak tahu apa-apa hehehe._. Acaranya di isi dengan talkshow  dari Mas Arie Sadhar (penulis OOM Alfa), review blog antar sesama anggota, wisata kebun binatang yang dipandu sama Kak Feby, skype-an bareng jambaner Malang dan Jogja.

kumpulkeblog jabodetabek 2

2. Kumpul Keblog di Margo City
Tadinya kita mau kumpulkeblog nya di danau dekat Universitas Indonesia, tapi berhubung cuaca lagi nggak mendukung akhirnya kita pindah ke Mall daerah Margonda, Depok. Acara di isi dengan bahas masalah blog, tukeran kado, ngerjain mbak-mbak solaria, gangguin orang pacaran, dan ngerayain ultah jamban di Mall dengan menggunakan topi pesta seperti pada acara pesta anak-anak kecil jaman dulu. Gokil abis deh pokoknya hahaha. Gue dapat hadiah tempat minum doraemon warna pink.  Ntahlah siapa itu yang ngasih. Habis semuanya gue tanyain nggak ada yang mau ngaku. Dan paling kasian si Aldi, kado yang dia dapat dibungkus dengan koran yang berlapis-lapis. Udah gitu isinya kartu gaple pula hahaha. Dia sempet kesel karena banyak banget korannya. Ternyata itu adalah kerjaannya si Agung. Udah gitu, trashbag yang isinya bekas kertas kado kita tinggalin gitu aja di restoran sola*** dan kita sempet ngasih pesen buat mbak-mbak disana. Isi pesannya :
“Terima Kasih. Maaf merepotkan. I love you!!”

kumpulkeblog jabodetabek 3

hadiah tuker kado

to jamban from me
       Harapan gue buat jambanblogger ke depannya nggak muluk-muluk sih. Semoga makin sukses buat kita semua, bukunya cepet terbit, tali silahturahmi kita makin terjaga, makin seru lagi kopdarnya, dan sukses buat kita semua. Aamiin ya rabbal alamin.

cover buku jambanblogger
NB : Untuk mendapatkan kebahagian itu nggak perlu cari sesuatu yang spesial. Yang penting bisa buat kita nyaman aja, itu udah lebih dari cukup.

You May Also Like

24 komentar

  1. jamban everywhere.. sukses give awaynya mban :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gus, sukses buat kita semua :))

      Hapus
  2. Hey hey hey, aku juga ikutan skype-an waktu #KumpulKeblog Malang bareng Jogja sama Jakarta lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah kamu ikutan juga toh. Tapi pas skype-an mukanya pada nggak jelas, makanya aku nggak tau kamu yg mana hahaha:p

      Hapus
    2. Mega, gak usah sok kenal deh hehehe. :D :P

      Hapus
    3. ih mas hena kok gitu sih? wakakakakak:p

      Hapus
  3. Gagal pertamax :(
    Kak Imas kelamaan sih ngasih link-nya :(
    Lengkap nih! keren juga! Soalnya ada muka gue disini :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry dik soalnya ngupload gambarnya lama-_- pas gue ngasih lewat chat, eh lo nya udah off :| btw, thanks dik :D

      Hapus
  4. hehe keren udah pada banyak pengalaman, gue masih jambaNEW jadi belom sempet ikut kumpul-kumpul hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan kumpul aja kalo lagi ada kumpulkeblog :D

      Hapus
  5. Go JambanBlogger Go JambanBlogger haha. Asoy!

    BalasHapus
  6. Kereeen :3 good luck ya kak imas :D

    BalasHapus
  7. cuma satu kata sih, keren! :D

    BalasHapus
  8. Wih ada foto gue. Berarti ini yang menang *berasa juri*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ada - ada lo, Di. Aamiin semoga gue beneran yang menang :))

      Hapus
    2. Besok dateng ngga mas, kumpul keblog?
      DUh, kok ngga enak banget ya manggil mas.

      Hapus
    3. Dateng kok, di. Lo dateng nggak?
      Hahaha terus manggil apa dong?

      Hapus
    4. Hahaha udah kaya kak kay aja manggil gue dengan sebutan bocil. Yaudah terserah lo aja gimana enaknya.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Uwooo akhirnya dikomen juga sama miminnya jamban♥

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~