NOSTALGIA ERA 90-AN

by - 00.55

sumber gambar : disini

Jaman sekarang anak SD megang smartphone, tablet, Ipad ? Itu udah jadi hal yang biasa banget. Dulu jaman gue SD, gue nggak punya HP. Biasanya gue pergi ke Wartel (Warung Telkom) atau nyari telepon umum koin buat sekedar mengetahui kabar sodara gue yang ada di kampung halaman atau sekedar ngisengin gebetan. Menurut banyak orang, jaman 80-an itu adalah masa konvensional, sedangkan untuk era 90-an nya sendiri, merupakan era masuknya perkembangan teknologi baru. Mulai dari acara televisi, acara musik, buku bacaan, style pakaian, makanan, minuman, jajanan, serta mainan yang ada di jaman itu, memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan pergaulan jaman sekarang.

Beruntung banget deh pokoknya buat kalian yang hidup di generasi 90-an (kalian yang di tahun 90-an masih duduk di bangku SD, SMP, atau SMA), karena jaman 90-an itu meninggalkan nostalgia yang sangat indah buat para generasinya. Nggak usah lama-lama lagi deh, kali ini gue mau nge-review tentang jajanan dan mainan jaman 90-an dulu. Mau tau apa aja? Yuk cekidot...

Jajanan Jaman 90-an

Coklat Choyo-Choyo Cup
milik pribadi
Kalian semua pasti sudah pada tahu coklat nge-hits ini kan? Dimakannya pake sendok kecil, dicolek-colek gitu. Enak untuk dicemil langsung ataupun dijadikan selai coklat ketika kalian makan roti tawar, so yummyDulu tiap pulang sekolah, gue sering banget beli ini. Sampai-sampai gue sakit gigi gegara jajan ini mulu. Coklat pasta choyo-choyo ini ada dua jenis : rainbow (merah, kuning, hijau, dan putih) dan polos (coklat saja). Yang mana favorit kalian?

Permen Yosan
sumber gambar : disini

sumber gambar : milik pribadi
Kalian masih ingat dengan permen ini? Permen yang dulu nge-trend banget pas jaman dulu. Gue rajin beli permen ini gara - gara mau ngumpulin huruf Y-O-S-A-N. Katanya kalo hurufnya udah lengkap, kalian bisa dapat hadiah dari pabrik yang buat permen ini. Tapi, tiap beli permen ini, gue nggak pernah nemuin huruf “N”. Diantara kalian semua, apa ada yang pernah nemuin huruf “N”-nya?

Mie Gemez
sumber gambar : milik pribadi
Siapa sih yang kenal dengan Mie Gemez ini? Produk mie yang punya semboyan “diGEnggam terus direMEZ”, merupakan snack mie jadul yang terpisah antara mie dan bumbunya. Mie ini tersedia dalam dua rasa, yakni : ayam panggang dan ayam goreng. Nggak hanya itu aja, di dalam bungkusnya biasanya suka ada komik mini gitu. Lumayan menarik loh isi komiknya :D

Permen Kacamata
sumber gambar : disini
Permen ini rasanya kaya coklat (milk chocolate) mini warna-warni seperti permen Cha-Cha. Yang bikin unik dari permen ini adalah kemasannya yang berbentuk kacamata atau angka 8. Pas gue SD dulu, gue biasannya mengikat ujung permen ini dengan karet. Lalu, gue pake biar terlihat keren seperti “Saras 808”.

Roka
sumber gambar : disini

Jajanan yang satu ini adalah jajanan favorit gue banget. Biskuit bola berbalut coklat kacang ini biasanya dihidangkan saat acara Lebaran tiba. Selain rasanya yang manis, pas bola-bolanya digigit dalamnya kaya ada coklat yang lumer gitu. Umm, enak deh pokoknya...

Tini Wini Biti
sumber gambar : disini

“Tini wini biti, imuuut, enak, bergiziiii...” siapa coba yang ingat dengan lagunya? Biskuit Tini Wini Biti ini selalu gue bawa buat jadi bekal pas gue masih TK dulu. Rasanya enak dan gurih banget. Banyak pilihan rasanya pula. Ada asin, manis, jagung manis, bawang, sate ayam dan pizza. Kalo sekarang- sekarang ini gue lebih sering nemunya Oops...

Permen Rokok dan Susuku
sumber gambar : disini
Permen ini sebenarnya sempat dilarang, karena bentuknya yang mirip dengan rokok. Rasanya juga nggak jauh beda dengan Permen Susu Bubuk “Susuku”. Bedanya hanya di kemasannya aja kayaknya. Dulu gue sering nemuin permen rokok dan susuku di abang-abang tukang jualan ager-ager dan gambaran. Sempet diomelin sama bokap juga sih pas beli permen ini. Soalnya bokap gue ngira kalo anaknya itu ngerokok. Padahal kan hanya kemasannya aja. Isinya mah padahal cuma susu bubuk coklat.

Es Mony
sumber gambar : disini
Es yang satu ini udah melegenda banget deh jaman dulu. Kalo pulang sekolah dulu, biasanya gue mampir ke warung dulu buat beli es ini. Segeeerrrr banget broh! Apalagi minumnya pas lagi cuaca terik. Es ini tersedia dalam rasa sirsak, anggur, jeruk, stroberi dan mangga.

Mainan Jaman 90-an

Balon Tiup
sumber gambar : milik pribadi
Balon ini adalah balon yang paling tenar setelah balon udara. Maininnya gampang banget. Lo pencet supaya isi balonnya keluar, terus lilit isinya pake sedotan. Terus tiup deh sampai besar. Hati-hati pas niup, biasanya balonnya suka bocor dan lama-lama kempes wkwkwk. Kalo beli ini di warung, biasanya gue ngecek dulu. Bakalan dapat gambar bintang apa gambar angka. Kalo kita dapat angka, berarti kita dapat hadiah sesuai dengan angka yang tertera pada letak balon yang kita ambil tadi.

Pistol-Pistolan
sumber gambar : disini
Kalo yang ini mainannya para anak cowok. Dulu gue pernah minjem punya kakak gue. Maininnya gampang banget. Lo buka pistolnya, lalu masukin isinya. Tutup pistolnya lagi dan pistol siap digunakan. Biasanya suaranya rada kenceng gitu soalnya isinya kayak petasan gitu.

Pesawat Gabus
sumber gambar : disini

Pesawat yang satu ini adalah pesawat yang paling murah dibanding dengan mainan pesawat lainnya. Kenapa bisa murah? Soalnya terbuat dari gabus gitu. Mainan ini menuntut kita untuk merangkainya sendiri sesuai dengan garis-garis yang ada.

Parasut
sumber gambar : disini

Kalo lagi main ini, gue rasanya ingin terbang ke langit biru hahaha. Mainan ini cukup murah dan biasanya dibandrol dengan harga Rp 500,00. Cara maininnya gampang banget. Pertama, lo keluarin parasutnya. Lo buka tali yang melingkar di badan superman itu. Lalu lo tinggal ikatkan talinya pada ujung-ujung plastik yang sudah dibolongi. Jadi deh... Habis itu tinggal dibawa lari terus terbangin deh.

Bongkar Pasang Baju (Bepe-bepean)
sumber gambar : disini
Kalo yang ini mainan wajibnya anak-anak cewek. Tiap pulang sekolah dulu, gue selalu ngerengek ke nyokap buat beliin bongkar pasang baju ini. Mainan ini lebih seru dimainin bareng-bareng, soalnya bisa tukar-tukaran baju dan aksesoris gitu wkwkwk. Cara maininnya gampang. Lo copot satu persatu karakter tokoh, baju, tas, tempat tidur, dll mengikuti garis putus-putus. Hati-hati saat menyopotnya, soalnya gampang sobek. Dulu gue pernah ribut sama teman SD gue cuma gara-gara teman gue nggak sengaja nyobek baju-bajuan milik gue.

Tamagochi
sumber gambar : milik pribadi
Kalo yang ini mah mainan yang paling keren sejagat raya. Kalo punya ini tuh rasanya udah jadi orang yang paling keren diantara teman-teman lainnya. Cara maininnya gampang banget. Lo pilih karakter hewannya, lo kasih nama, lo atur jamnya. Dan mainkan sesuka hati. Mainan ini ngajarin kita tentang bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik dan benar. Kalo kita lalai, hewan kita bisa sakit bahkan mati. Kalo hewannya mati, kita mesti ulang dari awal lagi. Tamagoci itu ada yang tipe dino, kerang, v4, v3, spiderman, pinguin, pesawat batman, hello kitty, dan masih banyak lagi

Gimbot
sumber gambar : disini
Kalo punya ini tuh rasanya kayak punya Ipad atau tablet. Gamenya banyak banget. Ada tetris, ular-ularan, tembak-tembakan dan masih banyak lagi. Dulu gimbot ini harganya cukup mahal. Gue sampai ngerengek-ngerengek minta sama bokap buat beliin ini. Gue sering banget berantem sama kakak gue gara-gara mainan ini. Soalnya kakak gue suka keasyikan kalo main ini sampai lupa gantian sama adiknya.

Kapal-Kapalan Tokotok
sumber gambar : disini

Ini kapal-kapalan yang terbuat dari semacam almunium. Cara maininnya gampang banget. Kalian nanti ditaro lilin di dalemnya terus nyalain api di lilinnya, habis itu taroh kapalnya diatas baskom yang berisi air. Nanti jalan deh kapalnya. Suaranya khas banget loh!

Monopoli
sumber gambar : milik pribadi

Siapa sih yang nggak kenal sama mainan ini? Anak-anak generasi 90-an pasti kenal sama mainan yang satu ini. Mainan ini paling seru kalo dimainin ber-empat. Cara maininnya gampang banget. Pilih pion yang akan kalian pake. Terus uang dibagi secara rata oleh Bank. Habis itu kocok dadu. Angka yang ditunjukkan oleh dadu, menyatakan angka kita melangkah. Biasanya main satu putaran dulu. Kalo lewat start suka dapat Rp 20.000. Paling enak dapat kartu bebas penjara. Kartunya bisa kita gunain saat kita masuk penjara. Kalo lagi nggak punya uang, kartunya bisa dijual ke Bank dengan harga Rp 30.000.

Kita bisa beli hotel, rumah, stasiun, bandara, pembangkit listrik, pembangkit air, dll. Rasanya kalo main ini, kita berasa jadi miliyarder gitu. Paling nggak enak, kalo kita berhenti di hotel/rumah milik teman kita. Kita bisa dikenakan denda. Dendanya biasanya tergantung kompleks. Paling murah itu komplek A (Malaysia) dan paling mahal itu kompek H (Australia). Mainan ini ngajarin kita buat me-manage keuangan kita nantinya. Nggak hanya ini aja, ternyata dibalik lembar monopoli, ada mainan ular tangga juga. Biasanya kalo udah enek sama monopoli, kita beralih ke ular tangga.

Sekian review dari gue tentang jajanan dan mainan jaman 90-an. Beruntung sekali kita-kita yang hidup di jaman itu. Jaman dimana semua makanan bisa di nikmati bersama. Mainan yang mengajarkan kita untuk saling berbagi dan menghasilkan keseruan yang berbeda jika dibandingkan dengan mainan pada Ipad/Tablet yang mengajarkan anak-anak untuk individualis. Masa-masa seperti inilah yang akan kita rindukan kelak. Masa yang tak akan pernah bisa terulang kembali. Jadilah yang terbaik untuk diri kita sendiri. Karena apa yang kita lalukan saat ini, sangatlah berpengaruh dengan masa depan kita nantinya. Kalo ada teman-teman mau menambahkan, silahkan isi kolom komentar ya :D

You May Also Like

58 komentar

  1. oke, gue rindu masa-masa itu.
    yang N permen yosan ternyata ada lho, bukan mitos. *akhirnya bisa tidur dengan tenang*

    ini maksudnya pamer 90-an ke anak zaman sekarang gitu ya?
    anyway, anak sekarang banyak yg mainin mainan itu lho, terjun payung, kapal tektek, gimbot, tamagochi, bongkar pasang, tapi dalam bentuk difital. #Mereka lebih maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untungnya misteri huruf N di permen yosan udah ada yang mecahin. Kalo nggak, bakal banyak yang penasaran..

      Nggak bermaksud untuk pamer kok. Ah, semua permainan yang digital itu biasanya membangun mental anak untuk lebih bersifat individualisme.

      Hapus
  2. Hahaha, paling sering mainan bepe XD Jadi inget kalo mau makan Yosan harus ngumpet-ngumpet, takut kena marah, soalnya bikin batuk XD
    Ada tuh satu lagi, ciki apa tuh, yang bungkusnya kuning, isinya kayak cheetos. Aah, lupa--"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu mah udah jadi mainan wajibnya cewek - cewek. Iya, emang bikin batuk. Chiki balls kalo nggak salah namanya..

      Hapus
    2. Bukan chiki balls, lupaaaa x.x

      Hapus
    3. Terus apa dong? Setau aku yg kuning itu chiki balls…

      Hapus
  3. Butuh banyak perjuangan lho buat bisa dapet huruf "N" dari kata YOSAN. Seumur hidup baru sekali gue dapetnya. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perjuangan banget:') lo mah enak bisa dapet, kalo gue pernah dapet wkwk

      Hapus
  4. Ah Imas tulisannya keren, jadi kangen masa2 itu lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas eka.. Masa - masa itu emang bikin kangen:3

      Hapus
  5. tambah lagi. jajanan: trakinas, anak mas (saingannya mie gemez hehe), mainan: kartu gambaran, kartu yu gih oh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, anak mas juga langka tuh.. Kalo gambaran sama kartu yu gih oh itu juga udah langka banget. Gue pernah ngumpulin juga dulu wkwk..

      Hapus
  6. aahhh.. brasa balik ke jaman dulu.. :') gue pengen main bepe lagi yang mobilnya pake bekas bungkus rokok hahaha.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi pegen main lagi:3 dulu aku juga make bungkus bekas rokok buat dijadiin mobil - mobilan hehehe

      Hapus
  7. Walaupun gue lahir tahun 2000, tapi masih bisa lah ngerasain main dan makan itu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh beruntung banget lo masih bisa ngerasain makanan dan mainan jaman dulu:3

      Hapus
  8. Kalo coklat ayam masuk gak ya? Sayangnya gue baru lahir tahun 2000. -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk kok. Meskipun lo hahir tahun 2000an, yg penting lo masih bisa nikmatin itu semua :))

      Hapus
  9. haha kampret lu.. Ngakak gue lihat permen yosan.. haha

    Btw, salam kenal.. Kunjungi blogku ya.
    belajar-berkata.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha permen yosan emang punya khas yang unik bro..
      Salam kenal juga ya :))

      Hapus
  10. Itu dagangan lu semua ye cil?
    Gue dulu hampir tiap hari main ke rumah temen cuman biar bisa minjem tamagochi-nya doang. Hahaha.
    Btw, anak emas juga makanan jadul tuh. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya di._.
      Noh dirumah gue banyak tamagochi, mau nggak?
      Iya, anak mas termasuk makanan jadul kok :))

      Hapus
    2. Maksudnya mau yang warna apa? Ada warna merah, biru, ungu, kuning.

      Hapus
  11. Belum pernah nemu N nya YOSAN :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, gue juga pernah nemu huruf N nya :')

      Hapus
  12. Jadi keinget jaman-jaman pas masih imut :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masih imut dan masih lugu:(

      Hapus
  13. Tamagochi nya banyak amat??? Aku juga masih punya tamagochi jaman dulu tapi 1 doang.. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya aku jualan hihihi._.

      Hapus
  14. Suka banget sama Tini Wini Biti :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending suka sama aku aja gimana? *eh

      Hapus
  15. Dulu gua pernah dapet tas dari yosan, tapi sampe saat ini barangnya belom juga di kasih ke gua:3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha terbukti hadiahnya cuma jadi bohongan belaka..

      Hapus
    2. wkwkwk huruf N nya sulit dapatnya, tapi temen SDku dulu ada yg punya tas YOSAN lho..

      Hapus
  16. Hahaha..bernostalgia akan hal-hal dijaman dulu kala, yg sekarang2 sudah hampir punah *jarang di temui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang udah langka banget..

      Hapus
  17. ah jadi kangen sama masa kecil. btw roka masih ada yang jualan loh sampe skrg. di dekat rumah gua ada. tapi kayaknya udah berkurang gitu rasanya ya daripada pas kecil gua cicipin. mungkin dia ikut menua

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kecil itu emang selalu ngangenin.. sejak negara api menyerang, semua makanan yang dulunya berukuran gede sekarang jadi mengecil semua. contohnya aja kaya better. ukurannya makin hari makin kecil..

      Hapus
  18. wahaha semuanya kecuali kapal gabus udah pernah nyobain
    aduh jadi kangen masa-masa itu

    masa-masa belum adanya generasi menunduk seperti sekarang
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas helga pernah main bongkar pasang baju juga? wah :O

      generasi jaman sekarang itu mengikuti pepatah jaman dulu, "padi semakin berisi, semakin merunduk" tapi nunduknya karena fokus ke gadget :D

      Hapus
  19. aduh paling kangen sama bepe-bepean :) dulu aku ngoleksi banyak kadang kalo sepupu dateng kerumah tuker-tekaran baju bepe hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dulu aku juga suka tuker - tukeran sama tetanggaku. Padahal cuma kertas, tapi berasa lagi main barbie beneran hihihi

      Hapus
  20. Sukses bikin kangen nih. Pengen Coklat Choyo sama Tini Wini Biti :(((( Kalo Mie Gemez masih ada lah versinya kayak gitu,meskipun gak senikmat Mie Gemez :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesini aja, Meg. Dirumahku banyak coklat choyo - choyo:3
      Kalo tini wini biti aku udah jarang nemuin:((

      Hapus
  21. Gue tahun 90an agak akhir baru lulus dari univ.rahim :(
    Makanannya gue cuma pernah nyoba mie gemez hahaha enakk
    Mainannya sih gue tau dan pernah nyoba semua, kecual bongkar pasang baju, gue kan cowok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga baru lahir di era 90-an kok, Bro.
      Semua makanannya emang enak banget. Yakin nggak pernah main? Ah, pernah kali hahaha

      Hapus
  22. jadi keinget main parasut sampe jatuh ke got dulu

    BalasHapus
  23. jadi ingat mainan bongkar pasang kayak lego, (namanya apa ya?)
    dulu dapet hadiah dari susu bubuk *lupa susu bubuk apa)

    BalasHapus
  24. pistol-pistolan tu ada jual tak?
    kalau ada,boleh tak bagitau harganya+peluru

    BalasHapus
  25. wah jadi ke inget masa-masa kecil dulu.
    skrg msih ada nggak ya yg jual coklat choyo2 sm ice mony.
    pngen bngt itu makanan.

    BalasHapus
  26. ingat masa yg dulu ih
    www.HoyaPoker.com
    PROMO MEMBER BARU PASTI MENANG
    Menang di Bayar Penuh & kalah Uang kembali 100%
    Minimal Deposit Rp. 15.000
    Gabung Dengan 10.000 lebih Pemain aktif Poker dan Domino khusus Indonesia
    100% Player Vs Player
    Bonus Ajak temen Terbesar 15% Seumur Hidup

    BalasHapus
  27. Senangnya bisa berbagi masa lalu..di era th 90an..semua mainan, makanan n minuman yg disebut di atas bener smua..ada di era 90an..mao nambah dikit, dlu jg hits chiki grup indofood kyk chiki balls,jet z, cheetos, chitato, potato stick. ada hadiahnya tazos. trs ada gasing kayu, n ada maenan roda2 yg bs diputer pake tali bntuknya mcm2 ada sepeda, hewan, dll. trs ada maenan tombokan bntuk pipih, bntuk hewan,dsb. populer selain maen gambaran n kelereng. congklak, tak kadal, galaxin, trs maen jingjit lewati pola bntuk tangga ampe gunung, maen karet buat cwe, pistol pelepah pisang. jam tangan mobil balap, ..generasi sblm mie gemez itu ada anak mas, n anak mami.

    BalasHapus
  28. Izin share ya, sangat bahagia skali di zaman itu...

    BalasHapus
  29. ahaha nostalgia banget ya, pas masih kecil sering banget beli balon tiup, peremen karet yosan dan banyak lagi, mainin gimbot. trus inget banget pas masa-masa sd sering beli bepe-bepean buat main..

    BalasHapus
  30. Kinomen mana nih...��

    BalasHapus
  31. jajanan dan mainan anak 90an itu bikin kangen banget...

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~