ALAY

by - 03.48

ALAY ? Siapa sih yang nggak pernah alay semasa hidupnya? Semua orang pasti pernah ngalamin yang namanya ya kan, ya kan, ya dong? Alay itu apa sih sebenarnya? Yuk kita cari tahu sama-sama. Kalau menurut Wikipedia Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. Alay merupakan singkatan dari "anak layangan"atau "anak lebay".

Istilah ini merupakan gambaran gaya hidup norak atau kampunganSelain itu, anak alay biasanya selalu melakukan banyak hal yang berlebihan (lebay) dan selalu berusaha buat nyari perhatian (caper) gitu ke semua orang. Seseorang yang dikategorikan sebagai seorang alay biasanya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, seorang alay itu biasanya senang menggabungkan huruf besar-huruf kecil, lalu menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, biasanya mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan.

Selain diartikan sebagai anak lebay, alay pun memiliki singkatan anak layangan. Berbicara hal tersebut, para pakar atau ahli psikologi pun ikut berbicara. Alay sebetulnya merupakan gejala alami yang kini sedang terjadi pada anak muda yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Yang membuat dia merasa lebih cantik / ganteng, lebih keren atau lebih hebat diantara lainnya. Faktor utama penebab munculnya hal tersebut salah satunya dari media TV atau sosok yang  mereka kagumi.

Kalau menurut bang Raditya Dika“Alay itu adalah proses menuju kedewasaan. Menurut artikel yang pernah saya baca, ternyata alay itu juga ada metamorfosisnya juga loh. Udah kayak kupu-kupu aja ye, pake ada metamorfosisnya segala wkwkwk. Oke saya bakal menjelaskan secara step by step bagaimana urutan hidup seorang “Alayers” itu. Oh iya, by the way alayers itu adalah sebutan untuk para alay ya. Saya mohon maaf kalo diantara kalian ada yang merasa terpanggil gitu pas denger kata alay-ers.
                                                                                                                    
1. Balita
Pertama seorang ibu hamil selama 9 bulan, lalu melahirkan seorang balita. Masa balita itu adalah masa yang paling enak. Kok enak? Iya, emang enak banget karena kita kerjaannya cuma bangun tidur, bangun, nangis, minta susu, tidur, pipis, nangis, dan tidur lagi. Masa ini terjadi pada umur 0 - 5 tahun.

2. Anak-Anak
Masa ini adalah masa dimana mereka mulai merekam banyak kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitarnya. Jaman saya kecil dulu, nyokap selalu nyetelin lagu anak-anak seperti Dudidudidam dan Gang Kelinci. Masa ini adalah masa yang paling membahagiakan menurut saya. Karena anak-anak itu kerjaan mereka cuma mandi, makan, jajan dan main. Masa ini biasanya terjadi di umur 6-12 tahun.

3. 4L4y
Nah masa alay ini biasanya mulai mewabah di kalangan anak SMP dan SMA. Mereka yang ada pada fase ini biasanya baru memasuki dunia per ABG-an sekitar umur 13-17 tahun. Dunia dimana mereka cenderung mengikuti tren-tren atau kebiasaan yang teman-temannya lakukan. Nggak hanya dari kalangan teman aja, ternyata alay itu juga mewabah melalui berbagai macam media sosial. Contohnya aja kayak Friendster, M-xit, Msn, dan masih banyak lagi. Paling terkenal banget sih, si Friendster. Soalnya tinggal buat gitu aja tanpa harus verifikasi email ke Yahoo atau G-Mail. Friendster itu sosial media yang udah paling dewa banget di era 2000 - 2010. Anak friendster pasti selalu bilang "MiNth4 tE5t1 nY4hhh duNk q4Qhaaa".

Saya dulu sempat punya Friendster juga. Alamat Friendster cukup merusak mata tiap saya akan login, yakni imaz_kitty@yahoo.com. Alay banget kan? Iya, emang alay banget. Diantara kalian ada yang punya friendsterkah? Gue yakin alamat friendster kalian pasti lebih alay dari punya gue kan? Hahahah *tertawa jahat*

4. Dewasa
             Masa ini adalah masa peralihan dari masa alay menuju masa modis kayak jaman sekarang ini. Biasanya anak-anak yang udah tobat ini langsung mengubah nama akun facebook-nya menjadi nama asli. Mereka malu kalau diledekin alay. Soalnya alay itu identik banget sama anak yang kampungan dan kamseupay. Masa ini biasanya mulai berlangsung pada umur 18+ ke atas.

Contoh :
Nama Asli                  : Imas Agustini
Nama Facebook      : iM4s5h y4n9 cHeL4LhU d1cHaQiThy aNd d1b0h0n9h13nD
(baca : Imas yang Selalu Disakiti dan Dibohongin)

            Di masa ini, semua perbendaharaan kata kembali seperti semula. Nggak ada lagi huruf yang naik turun, yang pake angka, ataupun ejaan yang sangat merusak mata. Saya bersyukur banget karena sudah melewati masa-masa alay dan kembali menuju jalan yang benar.

Mau tahu lebih dalam tentang alay dan dunianya? Yuk, lihat ciri – ciri di bawah ini :

- Anak Alay 
Anak layangan yang selalu berpenampilan agak berlebihan dan diangap lebay, selalu ingin mendapat perhatian yang pertama diantara teman-temannya. 

- Bahasa Alay
Pernahkan kalian membaca status dalam facebook atau membaca sms yang gaya penulisannya sulit dibaca. Gue akan menjabarkan beberapa contoh berikut ini.

Tempat           = t4 (t itu huruf T, 4 itu adalah angka “empat”)
Mata-mata     = MaTa” (penyingkatan mata-mata menjadi mata”)
You                 = u (dalam bahasa inggris, huruf U itu dibaca “you”)
Apa                 = aPhA (semestinya kata ‘apa’ itu hanya terdiri dari 3 huruf)

Menurut perkembangan, bahasa alay dapat dilihat dari dua sisi. Satu sisi bahasa alay menunjukan kreativitas anak-anak muda. Namun di sisi lain dapat mempengaruhi bahasa  sehari-hari sehingga mempengaruhi bahasa ulisan anak-anak muda. “Ketika harus menulis secara resmi, dikhawatirkan kebiasaan menulis dengan bahsa alay muncul

- Musik Alay 
Musik alay sebenernya malah bisa diterima dan disukai masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Kehadiran  musik alay sering diputar dimana-mana, seperti di pasar-pasar atau sekedar mengisi acara liburan seperti acara tahun baru, atau hari raya lebaran.
       
Oke, sekarang gue bakal mengupas satu persatu ciri-ciri seorang alay itu apa aja. Daripada kelamaan, yuk langsung dilihat :

1. Kalau sms suka kurang kerjaan, hurufnya besar kecil. Nggak capek apa ya ngetiknya?
Contoh : iYa nIe aBiS LagI sIbUq siCh

2. Suka nggak bisa bedain huruf
Contoh : juga = juja , iya = eap , sms = xmx , gue = ue

3. Kalau sms biasanya pake angka. Helooo di kira plat nomer kali ya?
Contoh : 9w 94q 8i54 5kr9! m4v b9d y4ch

4. Kalo foto gayanya norak
Contoh : tangan dibentuk angka 1, terus di letakin di depan bibir dan mulut di gembungin. Supaya apa coba ? Ckckck -___-

5. Nick name facebook dan twitter mereka serasa paling oke
Contoh : Chiiee !eMh4zZ imHUtz / ch133 !Mh4sSh L3M0uDHh
(baca : Si Imas Imut / Si Imas Lemot)

            Belum lama ini saya lagi iseng buka semua foto-foto saya di facebook dan friendster saya dulu. Omaygattt!!! Ternyata foto-foto saya jaman dulu itu alaynya maksimal banget. Dan kemarin pas saya lagi ngerapihin folder-folder saya di laptop, eh nggak sengaja liat foto-foto yang pernah saya jadiin profile picture di friendster dan facebook saya dulu.  Hening..........
Sumpah demi apapun dulu saya alay banget (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) 

aQyUwH uDh4h iMh03dH b3LuMpHh?
(Aku udah imut belum?)

b!3bHi3R aQyUwH uNnYhU kH4nD?
(Bibir aku unyu kan?)

aQhuUw agHiieE g4LhAuWwhH nI3ch
(Aku lagi galau nih)

uChien9h pHaL4 gHuWh3
(Pusing kepala gue)

gHiiEm4nHa g4iiY4 qHuwWh?
(Gimana gayaku?)

uChH pHi3pH!3 4QyUwH t3mBh3m 4n93tH cHiie33
(Uh, pipiku tembem banget sih)

Masa alay itu adalah masa-masa yang paling dikenang banget sampai sekarang. Secantik apapun dan seganteng apapun seseorang, pasti mereka dulu pernah jadi alay. Udah dulu ah, saya capek banget dari tadi ngetik postingan ini sambil mencet huruf capslock bergantian dengan angka dan simbol – simbol. Kalo kalian punya cerita tentang ke-alay-an kalian dulu, yuk share di coment box ya! Salam 4LaYhHe33rSshH gHuYsSHhh!!!

PS : Se-alay apapun seseorang, mereka tetap punya gaya tersendiri untuk mengekspresikan kepribadian yang ada dalam dirinya.

You May Also Like

36 komentar

  1. Balasan
    1. Aaaaaak ketauan deh gue kalo dulu sempet jadi anak gaul-_-

      Hapus
  2. ka imas fotonya pasti ada yang lebih alay lagi, pengen liat pengen liat :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak? Kita kan seumuran ndah._.
      Hmm, yang lebih alay lagi sih masih banyak tapi pas belum pake kerudung makanya nggak di upload wkwkwk

      Hapus
  3. Foto yang kedua bibirnya sekseh xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjirrrrr-_____- kampret bgt emang lo sa

      Hapus
  4. Itu nama fesbuk pasti nama fesbuk lu jaman dulu ya? (atau malah sekarang). Kabuuuur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue nggak pernah masang nama fesbuk yang kaya gitu kok. Beneran deh:')

      Hapus
    2. Gak percaya. Nananana~
      Btw, link-nya udah gue taruh di blog ya cil.

      Hapus
    3. Hih! Beneran tauuu... Biarin aja kalo nggak mau percaya nanti gue jejelin kecoa loh.

      Okeee. Thanks ya mas dwi..

      Hapus
  5. Well.. Gue nggak bisa baca caption dari foto lo, Mas. Tapi malah tertarik sama foto lo gitu hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga sebenernya nggak ngerti dengan apa yang gue tulis di caption foto itu, Nof:| Apanya yang menarik coba? Hahaha

      Hapus
  6. Seinget saya, dulu pas jaman saya masih muda (kayak yg sekarang udah tua aja) nggak pernah itu saya bergaya alay, hahaha. Mungkin ya karena itu, kawan2 mencap saya sebagai orang yang cupu alias culun punya, ya.. jadi pecundang lah diantara kawan2 yg alay (malah curhat) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah mulai sekarang mas wihi harus belajar buat jadi anak alay, biar nggak dibilang pecundang :))

      Hapus
  7. Alay tuh capek lagi.. Alhamdulillah kalo udah tobat dan kembali ke jalan yang benar.. Xixixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang capek hehehe. Jariku aja sampe pegel pas nulis caption di foto itu:|

      Hapus
  8. Karena manusia akan alay pada waktunya, dan suatu saat akan kembali lagi ke jalan yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, Bro. Untungnya aja gue udah kembali ke jalan yang benar...

      Hapus
  9. sebelum komentar update status duluuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha anak alay bgt ya? Apa - apa kudu update status mulu..

      Hapus
  10. Kayaknya tahun ini alay sudah mulai berkembang sejak usia 10 tahun kak.
    Btw, foto sama captionnya menggores luka di dada. perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau aja lo, Dhik.. Atau jangan - jangan lo udah alay dari lahir ya? :O
      Jomblo mah udah biasa ya hatinya di gores - gores wkwk...

      Hapus
  11. Dulu juga di Facebook jadi anak alay. Statusnya itu ... ew gitulah haha.
    Btw, itu fotonya keren haha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statusnya galau mulu ya, Yof? Coba dong share status - statusmu dulu :))
      Foto alay gitu apa kerennya coba:|

      Hapus
  12. gilaa itu foto lo unyu-unyu alay gimanaa gitu wkwk.
    tapi emang bener sih kalo kata bang radit "alay itu proses menuju dewasa". semua orang pasti pernah alay sebelu mereka dewasa. yaa contoh nya seperti foto lo itu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kampret lo, Bro.. Untungnya gue sudah berhasil melewati masa - masa yang kelam itu..

      Hapus
  13. kalo inget gimana alaynya saya dulu jijik banget deh gak habis pikir ko saya dulu sempet-sempetnya ngalamin kayak gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga geli pas liat foto-foto saya dulu, Mbak:(

      Hapus
  14. Dih. Imas alay bued..
    Mungkin kalau gak di translate gue gak bisa baca, tulisan dengan menggunakan huruf dan angka yang dicampur-campur udah kaya gado-gado.buahahaha

    BalasHapus
  15. Gue pernah ngecek Facebook gue ditahun 2001 dan ternyata gue pernah 4L4y... Njriittt untung ceK4R4nk Ud4H Tob4t. hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, yang bener? Belum tobat kali ah :p

      Hapus
  16. Oh, yang kaya gitu namanya Alay ya? Kirain lagi trend.
    *buru-buru ganti nama facebook*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Buruan gih ganti username friendster kamu~

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~