TRIP TO YOGYAKARTA

by - 23.54

yogyakarta
        Setelah kemarin jalan – jalan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), keesokan harinya gue harus segera berkemas. Gue mau ke Yogyakarta. Udah hampir 4 tahun gue nggak kesana. Ah, kangen banget rasanya. Suasananya pasti masih adem kaya dulu. Ponakan gue pasti udah gede – gede. Sore ini gue sibuk masuk – masukin baju, buku, makanan, laptop, kamera, foto gebetan ke dalam tas gue. Gue ke Stasiun Pasar Senen dianter bokap sama kakak gue. Kereta yang gue naiki berangkat pukul 21:55 WIB.

Alhamdulillah akhirnya gue sampai di Stasiun Wates. Angin pagi sejuk banget. Gue ke rumah nenek gue menggunakan becak. Karena dengan naik becak, gue lebih bisa menikmati pemandangan yang ada. Setelah sampai di rumah, gue disambut oleh saudara – saudara gue. Mulai dari nenek, om, tante, nenek, sampai ponakan gue yang unyu - unyu. Seharian ini gue manfaatin untuk berkunjung ke rumah saudara – saudara gue yang udah lama nggak gue jumpai.

******

22 Juni 2014…

          Hari ini gue bangun pagi – pagi banget soalnya mau test. Oh iya, gue lupa bilang kalo tujuan utama gue kesini itu sebenarnya untuk test UM di Universitas Gajah Mada (UGM). Habis test gue janjian sama salah satu anak Jamban Blogger. Ashima (@asmaismi) namanya. Sore ini kita diajak Nofi (@ranssoul_id) untuk melihat pameran anak Desain Komunikasi Visual (DKV) di Jogjakarta National Museum (JNM). Nggak lama Falia datang bersama temannya yang bernama Wirda. Kak Asma ngabarin gue kalo dia udah di masjid dekat sini. Sempet cari – carian juga sih, soalnya belum pernah ketemu. Tapi, akhirnya kita ketemu juga. Dari kemarin gue manggil Asma dengan sebutan “Kak” dan Kak Asma manggil gue dengan sebutan “Dek”. Eh ternyata kita masih seumuran hahahaha. Duh malunya.

          Sembari nunggu Nofi datang, kita sepakat untuk nganter Wirda pulang dulu ke pesantrennya. Sesampainya disana, kita mampir sejenak ke pesantrannya. Gue kenalan sama teman – teman kamarnya Wirda. Mereka ramah – ramah orangnya. Sebelum kita pamit pulang, si Wirda ngajakin kita buat foto bareng. Katanya sih buat kenang – kenangan hihihi.

          Next, kita langsung caw menuju Tugu Jogja. Pas udah disana kita nggak nemuin Nofi. Kita terus aja jalan sampai Malioboro. Gue pun mencoba menelpon Nofi, ternyata dia masih di Tugu Jogjakarta. Kata Nofi, kita disuruh balik arah. Sempet bingung juga gimana balik arahnya soalnya di Malioboro macet banget. Akhirnya kita mampir dulu ke Taman Budaya Yogyakarta  (TBY). Disana lagi ada pameran ArtJog 2014 yang diadain sama perkumpulan anak seni daerah Yogya gitu. Harga tiket masuknya cukup murah. Hanya 10rb. Kata si Nofi pas lagi opening-nya gratis. Disini banyak karya seni yang keren abisss. Nggak nyesel deh pokoknya kalau kalian kesini. Soalnya kalian akan disuguhi sama karya – karya seni yang bagus dan berkualitas banget. Mulai dari lukisan 2D, 3D, kreasi dari uang, dari barang bekas juga ada.

kumpulan patung dari karung goni

backgroundnya 3D loh

50 ekspresi karakter

kursi dari uang

3D image

superman in ice

mobil F1 dari kayu

silau men

jubah syahrini
            Setelah puas liat pameran, kita langsung caw keluar museum. Gue langsung menghubungi Nofi untuk menanyakan keberadaannya. Dia udah nunggu di daerah Wirobrajan, dekat dengan JNM. Sayangnya Kak Ashima nggak bisa ikut kita kesana. Dia izin balik duluan soalnya besok mau UAS. Setelah muter – muter setengah jam lebih, akhirnya kita ketemu juga sama Nofi. Dia udah nunggu dari tadi sama temannya, Rahma, dari beberapa jam yang lalu. Terus kita langsung pergi menuju JNM. Pas sampai disana, ternyata masih rame loh. Ada yang lagi ngeband gitu. Habis ngisi daftar hadir, kita lalu masuk ke dalam. Pameran ini diadain oleh anak - anak Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Angkatan 2011. Kita mampir ke stannya si Habibie, salah satu anak Kancut Keblenger Regional Yogyakarta. Ternyata si Habibie ini adalah ketua dari pameran DKV ini loh. Keren banget kan? Oh iya, stannya ini tentang "Cantik Sederhana". Habibie menjelaskan pada kita gimana cara merawat diri dengan bahan – bahan tradisional. Dia bilang kalau mau cantik itu nggak perlu mahal. Kita bisa manfaatin bahan – bahan yang ada disekitar kita seperti kuning telur, kentang, alpukat, tomat, dan masih banyak lagi. Mereka menggunakan anonim yang unik. Contohnya Alpukat bikin Ababil (Lembab dan Centil). Di saat dia ngejelasin, gue malah cekikikan hihihi. Habis logat bicaranya medhok banget. Namanya juga wong jogja asli.

stan jajanan

stan tumpeng

jangan liat ekspresi kami

stan karakter baju adat

stan mainan tradisional

yuk di order mainan jadulnya
Lalu kita mampir ke stan lainnya. Ada stan tentang pembuatan animasi, ada stan tentang mainan tradisional Indonesia, ada stan tentang baju – baju adat juga. Disini tinggal beberapa stan aja yang masih buka, soalnya hari ini hari terakhir pamerannya. Karena hari semakin malam, kita pun bergegas pulang. Gue pun berpamitan sama Nofi dan Rahma. Makasih ya Mbak Nofi udah mau ngajakin kesini. Maaf ya udah buat kalian nunggu lama hihihi. Semoga kita ketemu lagi ya di lain waktu. Malam ini gue berencana nginep dirumahnya Falia yang di daerah Kaliurang. Udara disana dingin banget. Yaiyalah itu kan udah masuk ke daerah pegunungan. Dan bloonnya, pas balik kesana gue nggak pake jaket. Alhasil, pas sampai dirumahnya gue kedinginan parah. Hidung gue mampet. Tenggorokan gue juga sakit. Semoga aja besok pagi gue mendingan.

***

          Keesokan harinya, Falia ngajak gue jalan – jalan lagi. Kali ini gue diajak dia menuju Bukit Turgo. Meskipun udah siang, tapi udara disini masih sejuk banget. Tempat wisata yang pertama kita kunjungi adalah Menara Pandang. Dari sini kita bisa melihat keindahan Bukit Turgo. Bukit ini merupakan bukit – bukit yang terhubung dengan Gunung Merapi. Next, kita lanjut ke Telogo Nirmolo, Goa Jepang dan Museum Merapi. Udah semangat mau ke goa, eh ternyata turun hujan. Jadinya kita nggak jadi ke Goa Jepang. Lalu, kita keliling – keliling nyari tempat makan. Sesudah makan, Falia pun mengantar gue pulang.


suasana di menara pandang

bukit turgo

salam dua jari
Astagfirulloh, gue baru inget kalo sore ini gue ada janji buat liat sunset di pantai bareng teman SD gue. Gue udah hampir 10 tahun lebih nggak ketemu sama dia. Gara – gara macet di jalan, acara liat sunsetnya jadi batal. Akhirnya gue ubah tempat ketemuan kita jadi di Masjid Agung Kulon Progo. Teman gue, Dewa, udah nungguin gue dari satu jam yang lalu. Untungnya aja dia nggak marah hihihi. Berhubung si Dewa belum makan, kita mutusin buat nyari tempat makan dulu. Habis makan kita ngobrol – ngobrol bentar terus pulang soalnya udah rada malam.

Keesokan harinya gue jatuh sakit. Gue demam tinggi, hidung gue mampet, hati gue rapuh, dan radang tenggorokan gue kumat. Sepertinya gue kecapekan gara – gara 2 hari kemarin full ngelilingi Kota Yogya. Sebenarnya sore ini gue punya planning buat liat sunset di pantai bareng sepupu gue. Tapi, karena gue sakit planning-nya jadi harus di batalin. Gue benar – benar ngedrop. Seharian cuma bisa tiduran aja di kamar. Mungkin ini adalah teguran untuk segera mengistirahatkan diri sejenak.

*******
25 Juni 2014…

          Hari ini adalah hari terakhir gue di Yogyakarta. Gue sedih karena belum sempet nikmatin pantai selama ini. Nggak lama kemudian, tante gue ngejemput gue dan ngajakin gue untuk pergi ke pantai. Gue langsung siap – siap terus langsung caw ke rumah tante gue. Disana gue ketemu sama om gue  dan sepupu gue. Kita pergi ke Pantai Glagah Indah. Pantai ini yang paling dekat dengan rumah nenek gue. Udah lama banget gue nggak pergi ke pantai. Disana kita mainan Yuyu. Yuyu ini sejenis dengan kepiting. Namun, ukurannya lebih kecil. Terus kita main pasir bareng. Main air bareng. Kita lari – larian karena dikejar ombak. Pas lagi lari – larian, gue sempat terjatuh. Celana dan baju gue basah kuyup. Untungnya kamera gue nggak ikutan basah. Meskipun basah kuyup, yang penting seru.


pantai glagah indah
adem banget disini
for jambanblogger
          Gue nggak bisa lama – lama main di pantai. Gue harus segera pulang dan berkemas. Berat sekali rasanya harus meninggalkan kota ini. Tapi, gue udah terlanjur pesan tiket pulang untuk hari ini. Pengalaman kali ini nggak akan terlupakan. Semoga aja gue bisa jadi mahasiswi di kota ini. By the way, gue mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya untuk semua keluarga besar gue. Terima kasih juga untuk Falia, Asma, Wirda, Nofi, dan Rahma yang udah nemenin gue selama disini. Terima kasih juga buat Dewa yang mau menyempatkan waktunya untuk ketemuan sama gue. Maaf ya kalau gue merepotkan kalian semua selama disini. Matur nuwun pisan yo wis ngasih kenangan manis selama aku neng kene. Ah, rasane aku ora ingin mulih meneh ke Jakarta. Pokoke Yogyakarta pancen ngangeni:’) 

You May Also Like

24 komentar

  1. Seru banget nih, penasaran sama taman budaya yogya. karya seninya keren abis itu *ngiler*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang keren abis. Untungnya sempet mampir hehehe:3

      Hapus
  2. enak nih tempat jalan-jalannya seru banget! kapan ya ke jogja lagi huhu

    BalasHapus
  3. emang, Jogja emang ngangenin :"
    setahun kemarin gue kesana 4 kali dan sekarang gue udah pengen kesana lagi :""
    ohia Jogja emang kreatif bangetttttt nget nget :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Jogja emang bikin kangen terus:"

      Hapus
  4. aseek, Jogja emang punya banyak karya seni dan sering ada event pameran gitu. Dari dulu punya planning buat ke Jogja gak jadi mulu.
    Imas pinter omong jowo yo tiba'e haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Fer. Nyokap di rumah bilingual indo sama jawa soalnya, jadi bisa ngomong jowo hehehe

      Hapus
  5. Haduhhh foto2nya bikin mupeng.. Hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, Cup, kita ke Jogja lagi dan main bareng sama mereka :D

      Hapus
  6. Seru bangeeeet bisa main sama Kak Asma sama Sensei Nofi hikssssss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang seru banget. Tinggal main sama anak - anak malang yang belum :|

      Hapus
  7. wah seru sekali sepertinya...


    BalasHapus
  8. wah asik banget kayaknya disana ya, Mas. pameran seni nya keren semua.
    gua jadi pengen ke pantainya juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, orang jogja soalnya identik sama karya seni yang bagus - bagus, Man.
      Yuk, gue juga pengen kesana lagi hahaha

      Hapus
  9. jogja emang kangenin

    Oya, yuk ikutan MARINA BDO ke Jepang sekarang juga
    MARINA BEAUTY DAYS OUT GOES TO JAPAN

    khusus pembaca SRS Blog, untuk registrasi di bit.ly/Ollivya dan akan ditrack langsung oleh Tim Marina :)

    Love, Marina beauty blogger Ollyvia

    BalasHapus
  10. Hoo jadi udah kakak-adekan ternyata seumuran. Hmm.. hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, habis gue pikir dia satu atau dua tahun umurnya diatas gue..

      Hapus
  11. Ah, pengin ke Jogja! Semoga deh pas kuliah bisa disana. Aamin.
    Itu keren abis pamerannyaaaa. Mainan jadulnya, ih lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga sama - sama bisa kuliah disana ya :))

      Hapus
  12. Uwooo >w< jadi pengen nge-trip ke Jogja.

    BalasHapus
  13. kreatif banget yang bikin mobil-mobilan dari kayunya..

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~