TIPS MENYAMBUT IDUL FITRI

by - 00.03

happy ied mubarak

Alhamdulillah selesai sudah kewajiban kita sebagai umat islam dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan kemarin. Begitu banyak cobaan yang diberikan oleh Allah untuk kita agar kita senantiasa menjadi umat yang selalu bertaqwa pada-Nya. Tak serasa, bulan Ramadhan kini telah berlalu. Bulan yang penuh akan berbagai macam nikmat. Bulan yang di dalamnya penuh banyak ampunan. Bulan yang  paling baik diantara bulan – bulan lainnnya selama setahun ini. Suara takbir mulai berkumandang dan saling bersautan satu sama lain. Tak tertinggal, suara kembang api pun juga ikut bergemuruh menyambut datangnya hari kemenangan. Puasa tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Puasa tahun ini menjadi puasa yang terberat untuk saya. Karena saya dihadapkan oleh beberapa cobaan. Mulai dari kepergian Mbah Kakung saya sampai dengan beberapa kegagalan saya dalam menghadapi tes masuk ptn.

Saya percaya disetiap cobaan yang diberikan pasti selalu ada hikmah dibaliknya. Di bulan ini banyak sekali hikmah yang bisa saya ambil. Saat ada tes kuliah di Yogyakarta kemarin, saya dan ibu saya menyempatkan diri untuk bersilahturahmi dengan keluarga besar kami disana. Disana saya bertemu dengan teman – teman dari Jamban Blogger. Saya juga bertemu dengan teman lama saya saat duduk dibangku sekolah dasar.

Di bulan puasa tahun ini, saya juga di izinkan bertemu kembali dengan teman – teman waktu SMP dan SMK dulu. Kami semua kembali dikumpukan dalam acara reunian dan buka puasa bersama. Ya, dengan buka puasa bersama, kita dapat mempererat kembali silahturahmi kita yang sempat renggang. Kita semua bisa saling bernostalgia, menceritakan asam manis perjalanan kita saat duduk dibangku sekolah. Mulai dari bahas kebiasaan kita selama di kelas, guru – guru, para pedagang yang mengisi kantin sekolah, sampai mantan dan gebetan pun ikut dibahas dalam pembicaraan kami. Kisah kasih selama di sekolah memang selalu jadi kenangan yang indah di dalam benak kami masing – masing. Inilah hebatnya bulan Ramadhan, bisa menyatukan kembali semua  yang jauh.

Oh iya, saya juga akan berbagi tips buat kalian semua dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti. Berikut ini adalah tipsnya :

1. Pakai pakaian terbaikmu

sumber : disini

        “Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Tak punya pun, tak apa – apa. Masih ada baju yang lama…”

Mengenakan baju baru saat hari raya tiba, memang sudah menjadi tradisi di negara kita. Tapi, alangkah baiknya jangan jadikan hari raya ini sebagai ajang pamer ke tetangga atau teman – teman kalian. Jika baju lebaran tahun lalu masih cukup baik, tak ada salahnya juga kan untuk dipakai? Kalian juga bisa menghemat uang kalian dan menggunakan uangnya untuk keperluan yang lain.

2. Pakai parfum atau aroma wewangian

sumber : disini

Untuk yang satu ini yang paling nggak boleh dilewati ya. Menurut buku yang pernah gue baca, pemakaian parfum itu bisa menaikkan rasa percaya diri loh. Tapi, jangan menggunakannya secara berlebihan karena akan mengganggu orang – orang disekitar kalian. Kali aja saat kalian bersilahturahmi ke rumah tetangga atau teman – teman, kalian bertemu dengan gebetan kalian. Terus kalian bisa salaman dan tebar pesona ke doi ._.

3. Jangan makan berlebihan

sumber : disini

Buat kalian semua yang mau balas dendam setelah bulan puasa, saya saranin jangan deh. Soalnya nggak baik juga buat kesehatan. Sebelum bersilahturahmi kerumah tetangga, saudara, atau kerabat usahakan kalian makan terlebih dahulu. Siapa sih yang nggak tahan untuk nyicipin ketupat, rendang, dan opor ayam buatan ibu kalian? Pasti semuanya pengen kan? Makannya jangan banyak – banyak ya, karena nanti kalian bakalan disuguhi beberapa kue – kue kering dan makanan lainnya di rumah kerabat kalian.

4. Saling memaafkan dan menebar senyum

sumber : disini

Untuk yang ini juga nggak kalah penting loh. Moment di hari raya ini bisa kalian manfaatkan untuk saling bermaaf – maafan dengan orang – orang disekitar kalian. Saat mengunjungi rumah kerabat kalian, jangan lupa menebar senyum kebahagiaan ya. Karena dengan kalian senyum, otot – otot yang ada di wajah kalian akan bekerja dengan baik. Kali aja pas kalian senyum, eh disenyumin balik sama gebetan kalian:3

5. Berbagi THR

sumber : disini

Yang terakhir ini adalah satu – satunya hal yang paling kita harapkan saat hari taya tiba.  THR? Siapa sih yang nggak mau? Semuanya pasti nggak akan ada yang bisa nolak kan? THR ini biasanya dibagikan oleh bos di tempat kerja kalian atau para orang tua dan sanak saudara yang umurnya lebih tua dari kalian. Kadang saya suka iri dengan anak – anak kecil, karena mereka akan mendapatkan THR dari saudara – saudara saya hahaha. Untuk kalian yang sudah bekerja, nggak ada salahnya juga kan berbagi THR kepada keponakan kalian?

        Sekian tips – tips dalam menyambut hari raya yang bisa saya bagikan pada kalian. Kalo kalian punya pengalaman yang berkesan saat lebaran, silahkan share di kolom komentar ya :D

Saya selaku pemilik blog ‘A Little Astronaut’ , mengucapkan mohon maaf yang sebesar – besarnya jika selama di dalam dunian per-blogger-an saya pernah berbuat salah baik yang disengaja maupun tidak. Taqabbalallahu minna wa minkum, wa shiyamana wa shiyamakum. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.



Salam hangat,
Imas yang belum berkeluarga

You May Also Like

6 komentar

  1. Kalo boleh menambahkan, mungkin deodoran juga harus dipakai. Karena... ya takutnya, mendadak bau ketek kan repot.

    BalasHapus
  2. kalo aku sih lebih nyambut lebaran sama baju baru ke arah formalan dikit, ya misal yang dulunya masih suka pake celana jeans sama kaos pas ada tamu sekarang pake baju koko sama sarung.

    kalo soal THR, hmm gimana ya. berhubung udah gede dan bentar lagi kuliah pastinya kalah sama hasil THR adik dan ponakan gue. sabar wae :')

    BalasHapus
  3. Tips terakhir: Selfie bareng sanak saudara

    BalasHapus
  4. Jangan makan berlebihan duh susah
    hahaha

    BalasHapus
  5. Hey Imas. Minal Aidin Wal Faidzin ya.

    Mungkin ada tips menyambut idul fitri lagi nih.
    "Jangan ragu mencicipi makanan tetangga yang menggugah selera", HEHE *gak nyambung ya ?

    BalasHapus
  6. Yang nomor tiga itu susah ciil. hahaha \:D/

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~