AYO MEMILIH UNTUK INDONESIA

by - 17.07

Hufftt.. Akhirnya masa Pemilihan Umum Legislatif 2014 selesai juga. Hari ini kalian yang udah cukup umur pada nyoblos semua kan? Hayooo ada yang golput nggak? Ada kangen sama gue nggak? Gue berharap diantara kita nggak ada yang golput ya. Kali ini gue mau nyeritain pas gue lagi nyoblos hari ini. Gue seneng banget sama hari ini. Eitsss bukan karena nyoblosnya, tapi karena hari liburnya yang gue harapkan wakakakakak *tertawa jahat*
surat suara
Gue dan keluarga gue dapat undangan untuk menyoblos di TPS 20. Bokap gue nyoblos pagi-pagi soalnya sekalian mau berangkat ke kantor. Gue, nyokap, dan kakak gue nyoblos agak siangan lah. Gue kira kalo udah agak siang bakalan sepi, eh ternyata makin siang makin rame. Setelah sampai di tps, gue duduk-duduk cantik sambil nunggu antrian. Udah lama-lama nunggu, eh ada ibu-ibu nyerobot gitu aja. Alasannya anaknya lagi rewel dirumahlah atau apalah. Kebiasaan buruknya orang Indonesia ya kaya gini, nggak mau antre. Berhubung gue nggak mau nyari ribut sama itu ibu-ibu, akhirnya gue pun mengalah. Gue ini tipe orang yang selalu ngalah. Saat ribut sama pacar aja gue selalu ngalah melulu. Eh, emang gue punya pacar ya? Oh iya gue lupa kalo gue ini jojoba (jomblo-jomblo bahagia).

"GA ADA HUBUNGANNYA WOY PEMILU SAMA JOMBLO!!!"

Iya, iya gue tau kok emang nggak ada hubungannya. *nangis di dalam kotak suara*. Sambil nunggu giliran masuk, gue dikasih 4 buah kertas suara. Warna-warni kaya pelangi. Yang  merah untuk milih DPD, yang kuning untuk milih DPR RI, yang ijo untuk milih DPRD KOTA, dan yang biru untuk milih DPRD PROVINSI. Pas udah sampe di bilik suara, gue bingung mau nyoblos yang mana. Hanya beberapa orang aja yang gue kenal. Kebanyakan dari mereka, kurang bersosialisasi dengan para masyarakat. Pas lagi kampanye rata-rata ngedeketinnya ke orang-orang yang kurang mengerti masalah politik seperti tukang sayur, tukang ojek, tukang becak, dll. Gue nggak nemu sama sekali caleg yang mau mengakrabkan diri dengan para pelajar dan mahasiswa. Kebanyakan dari mereka mikirnya suara dari kaum kaya kita itu nggak penting kali ya? Makanya mereka deketinnya hanya ke orang-orang yang kurang mengerti tentang dunia politik.

Gue liat-liat pas kampanye kemarin itu banyak banget partai yang melakukan pelanggaran. Tetangga gue ada yang nyalonin diri jadi caleg di partai X, pas kampanye kemarin dia ngebagiin sapu ijuk. Ada juga yang ngasih sembako berupa sabun mandi, sabun cuci, sampo, sunlight, sikat gigi, mie, beras, dll. Nyokap gue kan ikutan komunitas rebana gitu di lingkungan rumah gue, kata nyokap pas kampanye kemarin ada caleg dari partai Y yang beliin rebana baru dan ngasih seragam ke ibu-ibu komunitas rebanaan itu. Widihhhh parah juga ya, berbagai macam cara semuanya dilakukan sama caleg supaya dia dapat suara banyak dan bisa duduk di kursi-kursi DPR, DPD, dan DPRD. Dan parahnya lagi di deket rumah gue sempet ada money politic juga loh guys! Dari berita yang gue dapat, caleg dari partai Z bagi-bagi amplop gitu ke orang-orang yang disekitar rumah gue. Kata tetangga gue sih, isinya 10rb. Karena nggak mau kalah saing dengan caleg yang tadi, keesokannya ada caleg dari partai Y yang bagi- bagi amplop juga. Nggak tanggung-tanggung broooh isinya 100rb. Gilaaak! Uang segitu kan lumayan banget buat golongan ibu-ibu rumah tangga. Buat anak kosan juga, uang segitu berharga banget bisa buat beli makan selama seminggu. Untungnya  gue nggak ikutan dikasih amplop. Kalo gue ikutan dikasih amplop sama tuh caleg, mungkin gue bakalan pake uangnya buat beli modem langsung tolak mentah-mentah pemberian amplop dari dia sambil bilang “Maaf bro, gue nggak bisa terima uang ini dari lo. Suara gue jauh lebih berharga daripada selembar uang 100rb”.

jari ungu dari anak jamban
Pagi ini sebelum gue nyoblos, gue liat berita di tipi rumah gue. Itu berita lagi ramai-ramainya ngebahas serangan fajar. Apa sih serangan fajar itu? Serangan yang dilakuin sama orang yang namanya Fajar gitu? Kenapa nggak dinamain serangan malam atau yang lainnya? Setelah gue cari tau, ternyata serangan fajar itu merupakan sebuah bentuk penyerangannya dilakukan waktu fajar itu tiba, kata “fajar” inilah yang memiliki arti “pagi menjelang” atau permulaan dalam sebuah hari. Dan jika dikaitkan dengan pilkada maka sebelum kegiatan pilkada itu berlangsung ada serangan mendadak ke tiap-tiap peserta pemilih tetap calon pemimpin daerah itu, bisa dalam bentuk suapan uang mapun sembako bagi tiap pemilih tertentu, sehingga calon tersebut mendapat kursi tetap sebagai seorang pemimpin daerah mereka. Duh, ya ampun kenapa para caleg ini menghalalkan berbagai macam cara biar bisa menang dan duduk dikursi-kursi yang ada-_-

Sebenernya gue nggak suka banget sama musim kampanye kemarin. Loh kenapa nggak suka? Soalnya gue muak, semua tempat dihiasi oleh atribut-atribut partai. Nggak di tembok rumah, di tiang listrik, di angkot, semuanya dipasangin bendera, baliho, spanduk, dan stiker-stiker partai. Semuanya ngerusak pemandangan banget sumpah. Dan yang paling gue benci itu pas gue liat ada yang masang spanduk di pohon. Gob**k banget sumpah!!! Pohon yang jelas-jelas kegunaannya untuk berteduh malah dirusak dengan cara maku-makuin itu pohon buat naroh spanduk. Nggak punya otak apa ya itu orang? Hih amit-amit banget deh. Sampai kapan pun, gue nggak akan pernah milih caleg yang naroh spaduknya dengan cara maku-makuin tuh spanduk di batang-batang pohon.

Gue bahagia banget karena hari minggu kemarin musim kampanye telah selesai soalnya udah masuk hari tenang. Nggak boleh ada lagi yang promo-promoin partai maupun calon-calonnya. Semestinya pas hari tenang itu, berbagai macam atribut partai harus dibersihin semuanya, nggak boleh tertinggal sedikit pun. Di daerah Jakarta, para petugas Satpol PP keliling-keliling buat nyabutin spanduk, bendera dan segala macam atribut lainnya. Disekitar rumah gue, spanduk masih banyak yang terpadang di tiang listrik. Stiker-stiker masih merekat erat di tembok-tembok rumah. Kemana tuh caleg-caleg yang kemarin masang atribut-atributnya pas kampanye? Nggak ada satu pun dari mereka yang mau ngebersihin sisa-sisa sampah yang udah mereka tebar. Kenapa sih kampanyenya nggak di media sosial aja? Kan enak tuh kalo kampanye di media sosial, lingkungan disekitar kita nggak akan dipenuhi oleh atribut sampah kaya gitu. Tapi apa daya? Gue sebagai orang kecil cuma bisa mengungkapkan rasa kekecewaannya melalui tulisan ini tanpa di dengar oleh para pejabat caleg-caleg yang ada.

Sekian cerita gue mengenai pemilu tahun ini. Seburuk-buruknya sistem pemilihan umum di negara kita, ada baiknya kita tetap memilih mana yang terbaik di antara mereka. Usahakan jangan sampai golput, karena satu suara kita sangat mempengaruhi nasib negara kita untuk lima tahun ke depan. Kalo kalian punya cerita seru tentang pemilu kemarin, kalian boleh share cerita kalian di kolom komentar ya :D

Dari pada pusing mikirin mau nyoblos yang mana, mending kalian nyoblos yang dewan perjambanan dibawah ini aja :

dewan perjambanan

You May Also Like

28 komentar

  1. gue golput mas :(

    http://manapganteng.blogspot.com/2014/04/golput.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kok goloput? Sayang banget loh, padahal satu suara itu sangat berpengaruh terhadap Indonesia untuk 5 tahun ke depan..

      Hapus
    2. Gue udah baca cerita lo kenapa lo bisa golput. Seharusnya lo tetep nyoblos aja, Nap. Jangan hirauin mereka. So, kalo nanti para pemimpinnya lupa sama janji - janjinya, lo nggak akan punya hak buat demo mereka. soalnya pas pemilu, lo golput..

      Hapus
  2. saia memilih
    http://anakbawangimut.blogspot.com/2014/04/maaf-aku-melewatkanmu.html

    BalasHapus
  3. Wah itu bapaknya imas hari libur kok kerja. -_-
    Kemaren nyoblos juga dong. sama, datangnya agak siangan kirain sepi eh ternyata masih rame, untungnya sih pas antri duduk disamping mbak2 cantik jd gak berasa lamanya. :3

    Eh iya ini kunjungan pertama.. Hahaha.. Duhh.. ( '-')9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya bapakku ada jadwal buat ngajar les renang. Jadi, dia masuk kerja.
      Hahaha ada - ada lo. Kalo ternyata dia cewe jadi - jadian gimana?:O

      Hapus
  4. Ditempat gue juga ada yang ngasih uang.. tapi sepertinya itu sudah menjadi rahasia umum. buktinya gak ada yang ditangkap ? caleg ybs tidak dikenakan sanksi..

    Emang sih waktu pemilu kita pelajar diliburin, tapi tetap aja gue gak tenang karna tgl 14 April UN .. hiks..hiks.. *curcol*

    oh ya, kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html

    sesama blogger harus saling bantu kan ?
    nah sekarang gue minta bantuan doa dan jangan lupa ketik "aamiin" di kolom komentar, makasih. ~ @nafarinm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya mereka bersekongkol sama pihak keamanan dan orang dalem deh. Mereka sembunyi - sembunyi gitu biar nggak ketahuan..

      Oke, gue udah komennya. Btw, gimana UN nya kemarin?

      Hapus
  5. tahun ini saya golput lagi.
    bukan karena ribet harus nunggu jam 12 baru bisa nyoblos di tempat perantauan.
    tapi karena emang gak kenal sama caleg yang mau dicoblos
    wkwkwkwk

    lagian juga bentrok sama acara lain hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, sayang banget golput lagi. Semoga pemilihan presiden nanti nggak golput lagi ya, Bro :D

      Hapus
  6. yeee. gua jadi caleg nomor 9. dari partai jamban. haha.
    untunglah kemarin gua gak golput. gua coblos mereka semua. biar adil. baik kan gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren sih nggak golput, tapi jangan di coblos semuanya juga kali wkwkwk..

      Hapus
  7. Huahahhah ada gue di dewan perjambanan... No 33.. Dipilih yaaa...wkwkwk

    Malah banyak yg bangga dpet serangan fajar. Hih!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga orang Indonesia. Lebih seneng suaranya dibayar pake uang..

      Hapus
  8. Tahun ini gue nyoblos buat pertama kalinya nih :D Gue juga sebenernya bingung sih calegnya banyak gitu dan nggak gue kenal satu-satu dan bingung mau milih yang mana :(

    Wihhhh keren tuh dewan perjambanannya :D Gue ada di urutan nomer 36. Jangan lupa pilih gue ya! Yang jomblo, gue usahain adain acara tiap malem minggu biar nggak pada mojok sambil showeran lagi! hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee yang udah 17th. Milih yang mukanya paling enak diliat aja :D

      Hapus
  9. Hati-hati kak dengan money politik dan semacamnya. Karena berdasarkan pengalaman pemilu 2009 si caleg kalau tidak menang, bisa-bisa uang atau sembakonya diambil kembali.. baik itu nyuruh preman atau apalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh, kemarin kata temen gue yg orang makassar katanya di daerah sana ada caleg yang gagal terus bahan - bahan bangunan yang mau buat masjid ditarik lagi masa-_-

      Hapus
  10. Gue belom bisa nyoblos sih. Tapi kalo nyoblos boneka santet yang mukanya mirip lo sih bisa banget kak :p
    Btw, itu yang akhirnya terpilih menjadi anggota dewan republik jamban blogger siapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh, kok lo kampret sih, Dhik:|
      Belum tau nih siapa yang kepilih. Yang pasti gue kepilih dong:3

      Hapus
  11. Gue sebagai kandidat 35 boleh milih juga gak ya? Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok, pilih aja yang kamu mau hihihi

      Hapus
  12. Udah pilih nomer 37 aja. Dijamin semuanya bahagia. Ea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebahagia kagum sama orang diam - diam ya:p

      Hapus
  13. Hahaha. Kemaren malah di samping bilik gue, ada ibu-ibu njerit sambil ketawa-tawa, 'Ah, bingung nih yang mana lagi.. udah pilih semuanya aja biar adil..' Sungguh suatu perbuatan yang mulia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sebenernya sih nggak boleh, tapi gpp juga sih daripada surat suaranya dibeli sama partai yang pengen banget menang.. Jangan - jangan lo ikut ngerumpi sama itu ibu - ibu ya?

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~