JAKARTA BOOK FAIR

by - 23.59

Ulalaaaa akhirnya akhir bulan tiba juga nih. Nggak kerasa bentar lagi udah mau Bulan Juni. Iya, bulan ini gue harus bertarung menghadapi semua soal - soal buat masuk PTN. Oke, kali ini gue nggak akan bahas masalah test ptn itu, karena bikin gue jadi nggak nafsu makan. Kali ini gue bakal ngebahas tentang acara Jakarta Book (JBF) Fair yang hari ini gue ikutin. Monggo disimak ceritanya...

Beberapa hari yang lalu, temen gue si Ucup (@rahmanucup) nge-share sebuah poster tentang acara Jakarta Book Fair (JBF) yang diadain di Istora Senayan. Yesss! Ini dia acara yang gue tunggu – tunggu. Book fair adalah acara yang paling gue tunggu – tunggu karena disana banyak diskon buku besar – besaran. Selagi ada diskon, kenapa mesti nyari yang harga normal? Toh isinya juga sama aja kan? Hehehe pelajar kaya gue gini emang paling tergoda banget sama yang namanya diskon. Oke, back to the topic.
poster book fair
Pagi tadi gue bangun dengan sangat bersemangat karena hari ini gue bakal datang ke acara Jakarta Book Fair (JBF) . Kok semangat banget sih, Cil? Emang mau ketemu siapa sih disana? Umm, gue kesana karena mau ketemu sama gebetan idola gue, yaitu si Alitt (@shitlicious). Disana ada si Alitt Susanto (@shitlicious), Dara Prayoga (@daraprayoga_) dan Andrean Frank (@zonasalahgaul). Mereka akan jadi bintang tamu di acara talkshow yang diadain sama Bukune. Karena acaranya sore, jadi gue berangkatnya agak siangan. Sialnya, di saat kemarin gue udah siap – siap mau berangkat, eh tiba – tiba hujan turun dengan deras disertai oleh guntur, kilat, dan geluduk. Huh, bikin bete aja sih nih hujan. Akhirnya setengah jam kemudian, hujannya berhenti. Gue, kakak gue (@idhamcholiid) dan temennya kakak gue si Kak Ibnu (@bangMarfu) langsung cepat – cepat berangkat kesana soalnya takut keburu hujannya turun lagi.

Setelah satu jam perjalanan, akhirnya sampai juga disana. Gilakkk pintu masuknya rame banget. Wih, berarti rame dong yang pada mau ke Jakarta Book Fair? Mereka bukan pada mau ke Jakarta Book Fair (JBF), melainkan ke Jakarta Clothing Expo (JakCloth). Soalnya letak acara JakCloth dan JBF itu bersebrangan. JBF di Istora Senayan, sedangkan JakCloth di Halaman Parkir Timur Senayan. Sebelum masuk ke dalam, gue ngambil brosur di depan pintu masuk. Brosur itu berisi tentang macam – macam penerbit yang bukunya dijual disini. Setelah itu, gue mengelilingi satu persatu stand buku yang ada. Uwaaaaa disini bukunya murah – murah banget. Ada buku baru dan buku bekas juga loh. Eittss, jangan salah, mesti bekas tapi isi bukunya itu sangat bermanfaat loh.

Harga bukunya pun sangat beragam. Mulai dari 5rb sampai ratusan ribu. Jenis buku yang dijual pun bermacam – macam. Ada buku biografi, ensiklopedia, buku resep masakan, buku tuntunan solat, buku test cpns, buku tes ptn, sampai buku tips deketin gebetan. Capek juga sih muter – muterin semua standnya, tapi gue ngerasa belum nemuin buku yang srek buat dibeli. Gue mutusin buat nyari mushola dulu buat solat. Karena tempat solat buat wanita dan pria itu dipisah, gue pun berpisah dari kakak gue (@idhamcholiid) dan temannya si Kak Ibnu (@bangMarfu). Setelah habis solat, gue menemukan sesosok lelaki absurd yang sedang berkeliling dengan topi ciri khasnya. Yup, dia adalah Adi (@kresnoadidh). Gue liat kayaknya ini anak lagi bingung. Ternyata dia itu dari tadi keliling – keliling buat nyari mushola tapi nggak ketemu. Yaudah, gue anterin dia ke mushola dulu.

Sehabis dari mushola, kita bergegas masuk ke panggung utama. Gue liat disana lagi ada antrian signing book nya si Dilah. Widihhh rame banget. Lalu, kita mampir ke stand bukunya Bukune. Ternyata, disana sudah ada 2 sosok laki – laki tampan yang lagi asik ngobrol. Mereka adalah Alitt (@shitlicious) dan Oka (@daraprayoga_). Ternyata di stand Bukune ini, buku – buku yang gue pengen banyak banget. Ada buku Skripshit dan Relationshit nya si Alitt (@shitlicious), ada buku Analogi Cinta Sendiri dan Analogi Cinta Berdua nya Oka (@daraprayoga_), ada buku Aku Rapopo nya Andrean (@zonasalahgaul), dan masih banyak lagi deh pokoknya. Aaakkk rasanya pengen gue borong semua buku – bukunya. Berhubung sekarang akhir bulan dan kantong gue lagi kering – keringnya, akhirnya gue mutusin buat beli buku barunya Alitt (@shitlicious) yang berjudul Relationshit. Sebelum talkshownya dimulai, kita keliling – keliling lagi ke stand yang lain. Uwoooo ternyata ada buku ‘GALAU’ Unrequited Love nya Jamban Blogger. Di sudut lain, ada buku Curhat LDR juga. Di buku Curhat LDR ini ada salah satu karyanya Vira (@ViraElyansyah). Ada juga buku Curcol Si Rantau Kacau nya Nugraha Ady (@adygila), dan masih banyak lagi.
oka dan alitt di stand bukune
Nggak lama kemudian, acara Talkshow “Ngobrolin Cinta Bareng Bukune” dimulai. Acara dimulai dengan pengenalan diri dari masing – masing narasumber dan memperkenalkan buku – buku baru mereka yang akan launching. Nggak lama kemudian, nongol si Ucup (@rahmanucup) dan si Kay (@shamposachet). Mereka pun langsung bergabung sama kami. Pembicara pertama dimulai dari Alitt. Dia mulai menceritakan tentang isi dari buku barunya. Mulai dari ditilang sama polwan, eh malah dibilang nggak peka sama polwannya. Lalu tentang cerita percintaannya yang gagal. Terus tentang motor ninjanya yang jok belakangnya ditinggiin 2 meter. Awalnya sih, ninggiin jok belakang itu sebenernya buat modusin cewek – cewek. Berhubung dia nggak punya pacar, jadi neneknya yang dibonceng. Eh pas pulang, neneknya langsung masuk ke UGD wkwkwk. Sumpah si Alitt ngocol abis. Katanya dia sih juga mencegah relationship agar tidak menjadi Relationshit!
sumber gambar : twitter @daraprayoga_
Pembicara selanjutnya dilanjutkan oleh Oka. Dia menceritakan tentang suka dukanya menjadi seorang secret admirer. Menurut dia menjadi seorang secret admirer itu nggak mudah. Tiap hari punya kegiatan yang rutin, yaitu stalking timeline Facebook dan Twitter-nya untuk tahu dia telat bangun apa nggak. Dia bilang orang yang jatuh cinta itu keinginannya nggak muluk – muluk, yang diinginkan cuma berdua di dalam cinta. Intinya ngasih tahu kita untuk nyatain cinta ke Dia atau memilih untuk mundur. Semua itu terangkum dalam buku barunya yang berjudul Analogi Cinta Berdua.

Dan pembicara selanjutnya adalah si Andrean Frank. Dia menceritan tentang suka dukanya menjadi jomblo. Saat malam minggu, kaum jomlo itu ternyata kaum yang paling sibuk. Ada yang pura – pura sibuk dengan ponsel-nya, padahal nelepon operator. Ada juga yang nge-share location di mal atau restoran, padahal lagi meringkuk di kamar melukin guling. Iya, jadi jomlo kesepian itu seperti aib yang harus ditutupi. Doi ini katanya jomblo yang akut banget. Saking akutnya, mau pake sepatu aja sendu karena melihat mereka bersatu. Mau makan, jadi kehilangan nafsunya melihat sendok dan garpu sebelahan. Jadi jomlo membuat Andre rentan galau. Statusnya emang jomlo, tapi dia punya prinsip : Yowes, Aku Rapopo!

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Si Adi (@kresnoadidh) izin balik duluan soalnya teman – temannya udah nungguin dia di JakCloth. Setelah selesai mengupas tuntas buku – buku baru mereka, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Penanya pertama adalah seorang cowok. Dia nanya gimana cara ngungkapin perasaan ke cewek. Soalnya tiap dia mau nyatain perasaannya, dia udah minder duluan. Ketiga nara sumber pun menjawab dan memberi saran agar dia belajar membuka diri biar nggak malu lagi kalau lagi nembak cewek. Penanya kedua adalah seorang cewek. Dia bertanya apa sih yang harus dilakuin sama pelaku LDR agar hubungannya tetap langgeng? Si Oka pun menjawab, yang penting punya hp dan pulsa. Selama komunikasi masih berjalan dengan baik, insya Allah LDR akan berjalan dengan lancar. LDR itu menurut Oka artinya bukan Long Distance Relationship, tapi Long Distance Relainaja. Nggak mau kalah sama si Oka, Alitt pun ikutan jawab. Kata dia daripada LDR-an, mending di akhirin aja. Serentak semua penonton pada ngomong “Woooo, Alitt parah banget”. Dia bilang orang yang selalu nanya “Udah makan apa belum?” akan tergantikan dengan orang yang nanya “Makan bareng, yuk?”. Orang yang nanya “Kamu nanti pulang naik apa? Hati – hati di jalan ya” akan tergantikan oleh orang yang bilang, “Aku udah di jalan nih mau jemput kamu.” Ah, LDR emang pedih rasanya. Si Andre nggak ikutan jawab soalnya dia jomlo, mau LDR-an sama siapa coba? Hahaha piss ya bang.

Next, acara ditutup dengan pembacaan surat dari sahabat Bukune yang dibacakan oleh tiga orang peserta. Ah, Bukune emang keren banget. Dia bisa menjadi inspirasi buat banyak orang. Setelah acara selesai, Si Alitt, Oka dan Andre pindah ke stand Bukune buat buka sesi signing book dan foto bareng. Kita langsung menuju stand bukune untuk foto bareng dan minta tanda tangannya Alitt. Pas lagi minta tanda tangan, si Alitt ngeliat Ucup dan Kay pake kaos Jamban Blogger, dia langsung seneng gitu. Terus kita jadi ngobrol bareng doi.

Alitt           : "Wih, ada Jamban Blogger. Si Hena kemana? Kok
                    nggak dateng sih?"
Kami          : "Hena nya lagi di Malang.”
Alitt           : “Wah sombong banget dia nggak mau dateng
                    kesini.”

Kami pun tertawa bersama – sama. Setelah minta tanda tangan dan foto bareng, kami pun bersalaman sama Alitt dan mengucapkan terima kasih. Gue izin pulang duluan soalnya kakak gue udah nyariin. Lalu kami pun pulang ke rumah masing – masing. Thanks ya Jakarta Book Fair dan Bukune, acara ngobrol barengnya seru abis. Gue jadi bisa ketemu sama anak – anak Jamban Blogger yang ganteng absurd. Gue juga bisa ketemu sama penulis idola gue. Aaakkk pokoknya thanks banget ya! Semoga acara Jakarta Book Fair tahun berikutnya bisa lebih seru lagi ya. Dadaaaahhhhhh....
Kay (@shamposachet) with Alitt

Imas (@imasagustinn) with Alitt

Ucup (@rahmanucup) bareng Alitt

Ucup lagi pamer kaos Jamban Blogger

Oleh - oleh dari Jakarta Book Fair


Tanda tangan dari Mas Alitt

You May Also Like

34 komentar

  1. Hihihiii ada foto gue.. Ada akun twitter gue.. Wah makin eksis gue di blognya imas... Haha....


    Masih kau kesanaaa banyak bangett buku murah.. Coba amoe minggu depannnn... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget kantong lagi kering:(

      Hapus
  2. Wah, pengen banget bisa ke JBF. Ikutan talkshow, beli buku diskonan, di tandatangan-in penulisnya pula. :| Sayangnya udah selesai. :| :|

    Kenapa kagak foto sama Oka dan Andre? Itung itung bisa nambahin foto 'Jamban Blogger with artis' Hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget nggak ikutan. Acaranya tutup tadi jam 9-an. Semoga tahun depan bisa ikut ya :))

      Pengennya foto sama mereka, Bro. Berhubung kantong gue kering, gue cuma bisa beli bukunya Alitt. Foto bareng tanpa beli bukunya itu nggak enak. Soalnya yg foto bareng itu rata - rata pada punya bukunya._.

      Hapus
  3. waaah gilaa, andai di Surabaya juga ada. enak banget yaa udah ketemu penulis hebat, bisa nyari-nyari buku diskonan juga wkwk.

    JFB sama Jackcloth letaknya berseberangan juga. jadi habis beli buku, langsung nyeberang nyari baju hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga di Surabaya nanti juga diadain book fair kaya di jakarta ya :))

      Yoi, bro. Kalo di istilahin itu kaya menyelam sambil minum air. Tapi, harga baju - baju di Jakcloth menguras kantong pelajar banget:')

      Hapus
  4. waaaaah pingin deh kesana kalo udah di jakarta. bisa foto foto sama penulis terkenal, hunting buku *yang belom tentu stoknya masih ada di gramedia*
    btw kamu mau masuk ptn nih ? berarti kita seangkatan dongss hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, main kesini. Biasanya gramedia cepet kok restock bukunya :))
      Hehehe iya *toss*

      Hapus
  5. aku juga waktu hari sabtu dateng kak hehehe. pecah banget talkshow-nya Alit sama Oka kocak banget ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh kenapa nggak ikut gabung sama anak - anak, Riz? Ho oh mereka ngocol abis :D

      Hapus
  6. Kece tuh acaranya.... Pengen banget ikut. Tapi apalah daya, di Malang :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kece banget, Meg :D
      Semoga JBF tahun depan kamu bisa kesini ya..

      Hapus
  7. wihiw, ketemu dengan penulis idola ya mas. keren noh. Ah semoga malang menjadi sarangnya penulis juga biar bisa rame kayak disono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, aku seneng bisa ketemu sama mereka. Ternyata mereka orangnya ramah - ramah loh. Aamiin, semoga malang bisa rame kayak disini :))

      Hapus
  8. bang alit kayak vokalis band raja ya-_- kacamatanya ngga dilepas-lepas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mata sebelah kanannya itu ada luka bekas jaitan, makanya dia kemana - mana sering pake kacamata gelap :))

      Hapus
  9. seru banget ya acaranya, bisa foto sama bang Alitt sekaligus dapet signs nya. Andai rumah gue di Jekardah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh emang seru abis, Fer. Yuk, kesini aja pas JBF tahun depan :D

      Hapus
  10. huaaa. iri to the max. gile cerita lengkapnya kayak gini ternyata. keren abis. coba diadain di medan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah makanya sering - sering mampir, Man:p Yoi, acaranya emang keren abis. Makanya kapan - kapan main kesini dong :D

      Hapus
  11. Yaah.. Pengen ke Jakcloth sm Jakarta Book Fair tp jauuuuuh di Pekanbaru. Ah, padahal bisa ketemu idola. Bisa ini bisa itu. Huft..

    BalasHapus
  12. Huwaduh gue pengen ke jbf, gue pebgen relationshitnyaaa, mumpung baru gajian, di gramedia brp ya kira2?

    Sbmptn masih mengintai....... Tetep semangat! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gramedia harganya sekitar 47rb..
      Okeee thanks ya, Bro :D

      Hapus
  13. Err.. kayaknya gue balik pas acaranya udah mau udahan deh.
    Btw, elu kok bisa inget gitu sih? padahal kan gak dicatet. -__-
    Dan. ternyata. Elu. DItungguin. Kakak. Lo. Ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang apa ya? Berarti gue salah penempatan pas lagi nulis hehe
      Inget dong. Emangnya elu yang gampang lupa:p
      Iya, kakak gue sama temennya nunggu di deket masjid.

      Hapus
  14. Waaa, beruntung banget ya foto sama alitt. Pingin ke sana tapi lagi ujian, di jakarta pula :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya, gue udah 2 kali foto bareng sama Alitt. Duh, semoga tahun depan bisa dateng ya :)

      Hapus
  15. Aaa enak banget bisa ikut Jakarta Book Fair. Coba di tempat gue ada beginian, bakal gue jadiin postingan juga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kapan - kapan main kesini dong, biar bisa dijadiin postingan juga :D

      Hapus
  16. coba aja hari seninnya gua ga UAS, dateng deh gua kesini huhuhuu...

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~