Answer for Goddamn Dress

by - 04.17

Sore tadi gue lagi iseng buka aplikasi Line yang ada di hp gue. Pas lagi asik liatin timeline, tiba-tiba gue dapet message dari Line Quiz. Di dalam message itu berisikan sebuah kiriman gambar. Gambar sebuah gaun lebih tepatnya. Nah, pihak Line Quiz ini menyuruh kita untuk menebak apakah warna gaun  itu. Hitam dan emas kah? Atau biru dan hitam?

Ternyata berita tentang gaun ini mulai menghebohkan dunia maya, lho. Mulai dari BBM, Path, Twitter, Tumblr, Facebook, Line, dan media sosial lainnya mulai ramai memperdebatkan warna gaun ini. Apakah gaun ini berwarna hitam dan biru? Atau emas dan putih? Atau jangan-jangan justru berwarna  lain? Gue pun penasaran dan langsung mendiskusikannya bareng teman-teman les gue. Kebanyakan teman gue menjawab biru dan hitam. Tapi, di sisi lain, teman-teman gue juga ada yang menjawab putih dan emas. Dan anehnya lagi, ada aja teman gue yang bilang kalo warna gaun ini tuh biru dan emas wkwkwk. Daripada penasaran, langsung liat gambar gaunnya aja, yuk!
 
goddamn dress, goddamn, dress, tumblr, bbc, science, scientist
The Goddamn Dress

Ah, masa iya, sih, warnanya putih dan emas? Gue udah berulang kali liat, tapi kok warnanya tetep biru dan hitam ya? Salah satu teman les gue ada yang bilang katanya orang yang matanya plus atau minus itu kan di bagian retinanya bermasalah, jadi yang terlihat warna putih dan emas. Tapi, pernyataan teman gue (yang matanya normal) tadi dibantah oleh teman gue yang matanya minus. Dia (yang matanya minus) bilang, kalo gaun itu tuh warnanya emang biru dan hitam. Gue gemezzz banget, hih! Udah jelas-jelas warnya biru dan hitam. Nggak ada unsur warna putih dan emasnya sama sekali woyyyy -____-

Gue pun mencoba mencari tahu kesana-kesini. Mulai dari googling, stalking, baca jurnal sana-sini, sampe-sampe gue tanya ke Mbah Dukun. Oke, yang terakhir ini emang lebay banget. Salah satu teman gue yang berkuliah di ITB pun mencoba untuk membantu menyelesaikan perdebatan kami.

goddamn dress, goddamn, dress, tumblr, bbc, science, scientist
Fakta Pertama

goddamn dress, goddamn, dress, tumblr, bbc, science, scientist
Fakta Kedua

goddamn dress, goddamn, dress, tumblr, bbc, science, scientist
Fakta Ketiga

Intinya, jika kemungkinan besar kalian melihat gaun putih dan emas, ini karena sisi kiri otak kalian memproses warna yang lebih ringan seperti putih dan emas. Orang yang sering menggunakan otak kiri cenderung menyukai logika dan umumnya unggul dalam matematika dan bahasa, dan cenderung menyukai kata-kata dari sebuah lagu. Jika kalian orang yang sering menggunakan otak kanan, kalian akan melihat biru dan hitam karena belahan otak bagian kanan memproses warna gelap seperti biru dan hitam. Orang berotak kanan umumnya kreatif dan imajinatif, menyukai seni, dan cenderung mengingat lagu lagu dari liriknya.

Don't panic guys, science has all the answers! Gue baru aja nemuin jawaban yang bener-bener bikin kita ngerti tentang permasalahan warna yang ada pada gaun itu disini. Jadi apa yang sebenarnya terjadi? Menurut Adam Rogers, otak kita sebenarnya mencoba untuk mengoreksi sinar matahari, dan dalam proses itu akan meniduri penglihatan semua orang yang melihat putih dan emas berlebihan. Untuk dapat menangkap suatu warna, panjang gelombang cahaya yang berbeda akan mengisi lensa mata dan membentur retina kita. Dan ini akan memicu saraf yang terhubung ke lapisan penglihatan (visual cortex) otak kita, yang mengakibatkan kita bisa melihat sebuah gambar.

Menurut Bevil Conway, seorang ilmuwan syaraf di Wellesley College, mengatakan, "Jadi orang-orang yang meremehkan sisi biru, dalam hal ini mereka akhirnya melihat putih dan emas, atau meremehkan sisi emas, dalam hal ini mereka berakhir dengan warna biru dan hitam."

Nah, berikut ini adalah gambar asli yang berada di tengah, dengan versi di sebelah kiri yang seolah-olah gaun berwarna putih-emas, dan versi di sebelah kanan yang seolah-olah gaun itu berwarna biru-hitam.

goddamn dress, goddamn, dress, tumblr, bbc, science, scientist
jawaban dari gaun yang menyebalkan

Lalu gaun itu sebenarnya warna apa? Tim perancand Wired telah melakukan beberapa pengeditan melalui Photoshop dan menemukan bahwa warna yang asli dari gaun ini adalah biru. Ternyata saat kita menyetak gambar, memotongnya dan melihatnya menggunakan warna latar yang netral, akan nampak berwarna biru.

Udah pada ngerti, kan, kenapa gaun itu terlihat berubah-ubah warnanya? Terima kasih, Mbah Google. Berkat kamu, kini aku sudah tak penasaran lagi hihihi:* Bener kan apa kata gue kalo gaun ini tuh warnanya biru dan hitam. Yang masih melihat warna putih dan emas pada gaun ini, silahkan diperiksa sendiri ya kondisi matanya:p

You May Also Like

32 komentar

  1. sejak kemarin pagi muncul di medsos, gue gak mempedulikan masalah baju ini. kalo ditanyain, gue malah akan balik nanya, "Kamu maunya warna apa?" jadi ungu orange juga bisa, sini tak editin. *gak mau pusing*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, dasar cowok nggak pengertian :((

      Hapus
  2. Iya itu tergntung pencahyaannya aja kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, tergantung mata yang ngeliat juga, Mas...

      Hapus
  3. Waahh, semalem Gue dikasih ini pertanyaan sama gebetan Gue. Untungnya Gue jawab white gold. Emang itu white gold kan? Kalo ada yang jawab Blue black, hati-hati loh depressed katanya...hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. YANG MESTINYA HATI-HATI ITU YANG NGEJAWAB PUTIH EMAS WOIIIII!!! *emosi*

      Hapus
  4. Sampai lebaran momyet pun itu gaun warna putih dan emas, Ahahahaha

    BalasHapus
  5. wah ne gaun jadi trending di medsos
    gue liat nya warnanya putih emas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putih emas darimana hayooo? Orang biru item gitu kok:3

      Hapus
  6. Eh itu gaun emak gue dicariin malah diputer-puter di medsos. Gue emang ngeliatnya agak biru dan emas, tapi gue pikir agak birunya gara-gara cahaya. Jadinya putih emas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hih, batu banget. Jelas-jelas itu warna biru item, masih aja ngeyel-_-

      Hapus
  7. pertama ngeliat gambar dari temen gue, dia nanya "ini bajunya warna apa sih?" dan gue langsung jawab "lu buta warna ya?" ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha parah banget lo, Dik \:D/

      Hapus
  8. Wakakakaka. Ngakak liat komentar FM. XD
    Kagak nyambung, anjir.
    Yaudah, kan udah menemukan jawabannya. Selamat!
    Emang tergantung cahaya. Tinggal diubah cara pandangnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang begitu khasnya FM :D

      Hapus
  9. iya. gua juga baru ngalamin sih. bisa berubah-ubah. tadi gua liatnya sempat putih emas, tapi 5 detik kemudian berubah jadi biru hitam. tapi, ya sudahlah, yang penting cinta kita gak berubah

    BalasHapus
  10. aslinya warnanya begitu ya, hahaha nipu nie

    BalasHapus
  11. kenapa orang-orang begitu penasaran dengan warna dress ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntahlah. Aku juga nggak ngerti, Mbak :(

      Hapus
  12. Aku juga sempet liat kehebohan warna gaun ini. Bodo amat lah, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gue juga nggak terlalu mikirin amat

      Hapus
  13. Aku orangnya netral. Nggasuka debat. Jadi pas nanya org trs dia bilang warnanya biru item aku iyain. Kalo dia bilang warnanya putih emas aku iyain juga. Tuhkan pengertian banget aku ._.

    BalasHapus
  14. Mungkin gaun ini bipolar. Warnanya bisa berubah-ubah; kayak seorang manusia yang punya 2 karakter berbeda, biasanya dibilang muka dua. Hih!

    BalasHapus
  15. keren
    Game Poker dan Domino serta Bandar Ceme Terbesar di Indonesia
    Www.JagoanPoker.com
    Hadir dengan Hadiah Jackpot TERBESAR dan PERTAMA di Indonesia.
    Jackpot Rp. 1.000 dapatkan 30 Juta Rupiah
    Jackpot Rp. 2.000 Dapatkan 60 JuTa Rupiah
    Telah di Percayai lebih dari 10.000 member aktif di Indonesia.
    Game Poker dan Domino dan Bandar Ceme dalam 1 Website.
    Gabung segera dengan www.JagoanPoker.com

    BalasHapus
  16. warna yang asli ternyata biru sama hitam ya..

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~