TERIMA KASIH, PATH!

by - 12.48


Beberapa hari yang lalu gue habis baca berita di media sosial. Katanya Path bakalan narik seluruh aplikasinya baik dari Google Play maupun App Store. Alasannya, sih, gegara pengguna yang make aplikasi ini udah sedikit dan nggak se-booming dulu lagi. Gue sebagai pengguna Path dari 5 tahun yang lalu ngerasa sedih abis soalnya banyak banget kenangan yang tercipta melalui aplikasi Path ini. Mulai dari kode-kodean lagu buat gebetan, terus pamer kalo lagi hangout kesana sini, kalo mau dan bangun tidur suka keliatan berapa lama waktu kita tidur, kalo lagi iseng visit ke profile-nya dia suka ada pemberitahuan dan yang paling berkesan dulu kalo lagi jalan sama gebetan suka update tapi with-nya dikosongin biar nggak ada temen-temen yang tahu. Wkwk asyik banget lah pokoknya aplikasi Path ini. Sebelum Path benar-benar ditutup, yuk kita nostalgia dengan fitur-fitur yang ada di Path!




Say goodbye


1.    Listening to


Seharusnya fitur ini dipakai ketika kita lagi ngedengerin musik, nonton acara tv, film, serta pas lagi asyik baca buku. Tapi, para pengguna Path terdahulu pasti sering ngirim kode baik ke gebetan, pacar, atau bahkan mantan melalui fitur ini. Biasanya mereka suka kirim kode dengan mendengarkan lagu-lagu favorit mereka dan ketika orang yang dituju ngeliat update-an kita uuuuh senengnya setengah mati.

2.    Find a place


Fitur ini dipakai ketika kita lagi mengunjungi suatu tempat. Fitur ini kerja sama dengan aplikasi Foursquare juga loh! Ntah itu mall, toko buku, stasiun, rumah sakit, dll. Terkadang fitur ini sering disalahgunakan untuk ajang pamer karena pernah mengunjungi tempat yang ‘wah’. Yang paling gue inget, dulu gue pernah make fitur ini pas lagi jalan sama gebetan dan with-nya sengaja dikosongin biar nggak ada tahu kalo kita lagi jalan sama doi wkwk. Absurd abis deh pokoknya.

3.    Upload photo


Fitur ini dipakai ketika kita ingin promosiin suatu pamflet acara, hasil jepretan kita, ataupun lagi kumpul sama temen-temen di suatu tempat. Misalnya sebuah restoran. Di sini kita bisa nge-tag temen-temen kita sekaligus check-in tempat kita berada. Gue sering make fitur ini ketika lagi meet up sama temen dan sama mantan wkwk.

4.    Upload product


Untuk fitur ini gue belum pernah make karena fitur ini terbilang cukup baru. Fitur ini dipakai untuk mempromosikan produk dagangan kita. Isinya lengkap banget, Cuy! Mulai dari nama produk, harga, kategori, deskripsi produk, dan URL produk kita. Dijamin bakalan keren deh kalo cara promosi kita kayak gini.

5.    Write your quotes


Fitur ini dipakai ketika kita ingin membuat suatu kutipan. Ntah itu kutipan yang kita tulis sendiri maupun kutipan yang kita peroleh dari buku, film, ataupun media sosial lainnya. Fitur ini juga sering dipakai untuk kode-kodean sama seseorang loh wkwk. Ah, pokoknya aplikasi ini aplikasi keren abis deh.

6.    Go to sleep / I’m awake



And the last. Fitur ini merupakan fitur yang menggemaskan. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena dia bakalan ngasih tahu udah berapa lama kita tidur. Udah gitu, pas kita tidur nanti bakalan ada yang ngirimin domba-domba gitu ke kita. Ibaratnya mah dulu jaman kita kecil, katanya orang yang susah tidur bisa diantisipasi dengan menghitung jumlah domba sampe akhirnya kita tertidur. Tapi, faktanya gue malah suka kepikiran kalo lupa urutan dombanya wkwk. Semakin banyak domba yang di dapat, semakin banyak kita bisa berkurban di Hari Raya Idul Adha. Eheee, nggak deng. Semakin banyak domba yang di dapat, artinya banyak peduli sama waktu tidur kita. cieelah~

Aplikasi yang udah berjalan selama 8 tahun ini benar-benar akan ditutup tepat tanggal 18 Oktober. Untuk aplikasinya sendiri baal ditarik dari Google Play dan App Store per tanggal 1 Oktober. Kemudian tanggal 15 November, semua layanan yang terkait dengan Path akan ditutup. Ternyata emang bener ya kita benar-benar baru merasa kehilangan setelah sesuatu yang berharga pergi dari hidup kita untuk selamanya. Terima kasih, Path. Kelak aku akan merindukan semua kenangan-kenangan yang ku tuliskan di sana :’)

You May Also Like

3 komentar

  1. Sebagai orang yang gak pernah punya akun Path, aku nggak tau perasaan kehilangan fitur itu semua. :( taunya yang foursquare doang. lomba2an bikin check in di mana buat pertama kalinya biar jadi king.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkk 11 12 lah sama foursquare. Ini fitur locationnya emang kerjasama bareng foursquare..

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~