THROWBACK 2018

by - 02.53


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Waaa... nggak berasa ya udah memasuki tahun baru lagi. Ya iyalah nggak berasa. Yang berasa tuh ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya huhuhu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, resolusi-resolusi yang harusnya terlaksana di tahun 2018 kemarin ternyata belum semuanya terpenuhi. Semoga apa-apa yang belum dilaksanakan tahun lalu, bisa terlaksana di tahun ini. Aammiin.

Di tahun baru ini, gue ingin merangkum kejadian-kejadian yang mewarnai kehidupanku selama di tahun 2018 kemarin. Gue ingin membiasakan diri untuk menulis kembali agar semua hal-hal yang ku alami bisa ku ingat lagi di waktu nanti.

Di bulan Januari kemarin gue sempat mengajar les di rumah. Murid ya ya para tetangga gue yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Jumlahnya hanya 3 orang. Bayarannya memang tidak seberapa, tapi lumayan lah bisa buat jajan. Tapi, les ini hanya berlangsung sampe bulan Maret karena gue mau fokus skripsian. Di bulan Februari gue mengikuti kegiatan PKL dan Studi Pengembangan Wawasan ke Malang, Bali, dan Yogyakarta. Untuk cerita lengkapnya bisa disimak di sini.

Muridku :3

Lalu, di bulan Maret-Agustus gue disibukkan dengan penyusunan skripsi. Skripsi ini adalah moment terberat yang bakal selalu gue ingat sepanjang hidup gue. Karena untuk menyelesaikannya tepat waktu dibutuhkan waktu, uang, tenaga, dan air mata. Kenapa air mata? Soalnya waktu itu gue sempet nyerah beberapa kali. Tiap mau tidur selalu kepikiran dan nangis karena ini skripsi kapan gitu selesainya. Berlebihan? Nggak apa-apa lah. Gue yakin tiap orang yang pernah nyusun skripsi bakal punya cerita sendiri.

Oh iya, di bulan April kemarin gue sempet ketemuan sama si Arman. Salah satu teman blogger yang berasal dari Medan. Dia minta gue buat ngajakin dia keliling Jakarta. Akhirnya kita mutusin buat ke Planetarium yang berada di daerah Cikini. Terus balik dari sana kita ketemuan sama si Yoga. Kita bertiga keliling Kota Tua sampe malem dan pulangnya mampir makan ice cream di AW Stasiun Kota.

Arman dan Yoga

Di bulan Mei, gue dan teman-teman Pramuka gue di SMP sempet ngadain Farewell Party buat si Mia. Dia ini mau nikahan. Rencananya resepsi pernikahannya dilaksanain di Banjar daerah Kalimantan. Dia sekaligus pamitan karena mau pindahan sekaligus menetap jadi warga di sana. Huhuhu bakalan susah lagi deh ketemunya. Di bulan ini juga gue mengikuti ujian AIKA (Al Islam Kemuhammadiyahan). AIKA ini menjadi salah satu syarat sebelum ujian Skripsi. Ujiannya dibagi menjadi Praktek dan Lisan. Seputar pengetahuan tentang Islam dan Muhammadiyah gitu yang ditanya. Alhamdulillah gue lulus di ujian AIKA ini. Di bulan ini gue juga ngadain penelitian langsung. Kebayang nggak tuh, pagi ke SD terus jam 9 bimbingan, siang ke SD lagi ambil hasil tes dan sorenya balik lagi ke kampus buat ngerjain revisian.

Farewell party Mia (jilbab ungu)

IV-B Squad

IV-A Squad

Di bulan Juni ini menjadi bulan yang paling berat selama tahun 2018. Gue sedang mengalami fase males bimbingan karena nggak di ACC terus sama dospemnya huhuhu. Sedihnya itu udah capek penelitian, eh sempet disuruh penelitian ulang sama dospemnya. Tapi, alhamdulillah semua bisa teratasi dengan baik. Gegara sempet stuck sama skripsi, akhirnya gue mutusin buat cabut liburan bentar ke Yogyakarta. Selama di sana, gue nginep di tempat sodara dari nyokap. Sempet ke beberapa tempat wisata juga. Lumayan lah buat refresh pikiran sejenak sebelum perang sama skripsi lagi.

Sungai Mudal

Di bulan Juli gue memulai bisnis kecil-kecilan. Gue membuka sebuah online shopping yang bernama Bayam Flowers. Bisnis gue ini menjual berbagai macam hadiah untuk sidang, yudisium, wisudaan, ultah, bahkan sampe nikahan. Gue membuka jasa pembuatan foto ilustrasi, bouquet bunga dan snack, serta selempang. Alhamdulillah dari bisnis ini gue berhasil meraup keuntungan yang lumayan banyak. Bisa buat beliin hadiah kecil-kecilan juga buat orangtua hihihi..

@bayamflowers

Testimoni

Testimoni jugaaak

Di bulan Agustus, bulan kelahiran gue kali ini dipenuhi dengan rasa dag-dig-dug. Soalnya teman-teman gue udah pada dapet  ACC dari dospemnya. Sedangkan gue belum huhuhu. Mana pendaftaran sidang gelombang 1 udah mau tutup lagi. Gue terus berdoa dan minta doa restu sama nyokap. Syukur alhamdulillah gue dapet kado terbaik di tahun ini. Gue dapet ACC dospem pertama di tanggal 17 dan ACC dospem kedua di tanggal 23. Meskipun nggak bisa ikut sidang gelombang 1, tapi gapapa masih bisa ikut di gelombang 2 di tanggal 31. Dan untungnya yang gelombang 2 ini nggak kena biaya semesteran lagi karena masih masuk ke semester 8.

Acc dospem 1

Acc dospem 2
Reward dari teman-teman
Reward dari Bidang 3 BEM FKIP UHAMKA

Di bulan September ini menjadi bulan penentu lulus nggaknya ujian skripsi. Lagi-lagi doa kedua orangtua gue diijabah sama Allah. Gue lulus dengan predikat A. Di bulan ini juga gue sempet magang di PPG UHAMKA. PPG ini merupakan program profesi guru gitu. Kampus gue menjadi salah satu kampus yang mengadakan program ini. Pesertanya yakni guru-guru dari seluruh Indonesia. PPG ini full dibiayai oleh pemerintah, loh. Gue magang di sini sekitar sebulanan. Gajinya nggak terlalu gede, tapi lumayanlah bisa buat beli jajan hehehe.

Foto bareng HIMA PGSD setelah yudisium
Foto bareng PGSD Kelas D (minus banyak)

Oktober – November gue mulai merasakan bau-bau pengangguran wkwkwk. Eits, tapi biar belum ngajar gini tapi gue tetap melanjutkan bisnis gue dong. Lumayanlah bisa mengisi pundi-pundi rupiah di kantong tanpa harus minta ke orangtua lagi. Ijazah gue bisa diambil juga di bulan ini. Tapi, sayang nggak bisa ikutan CPNS karena pendaftarannya udah tutup. Semoga gue mendapat keberuntungan di tahun depan. Aamiin.

Dan, di bulan Desember ini gue bersyukur banget karena bulan ini nggak lagi menjadi bulan-bulan kelabu seperti beberapa tahun sebelumnya. Di bulan ini impian yang gue nanti-nanti selama 4 tahun akhirnya bisa terwujud. Gue di wisudaaa. Waaaa, senangnya akhirnya aku dapat sepedaah (re: S.Pd). Meskipun pas wisuda itu cuma nerima tabung dari dekan, dipindahin kuncir dan salaman sama rektor, tapi ada satu moment yang bikin gue merinding. Pas gue keluar dari gedung, di luar kedua orangtua gue langsung menyambut dengan haru. Mulai dari bokap yang ngasih selamat sampe nyokap yang langsung meluk dan cium kedua pipi gue. Asli, gue sempet netesin air mata di moment ini. Mereka bilang mereka terharu pas liat gue dipanggil ke depan gitu. Mereka bilang bersyukur banget masih dikasih panjang umur buat ngeliat anak bungsunya ini di wisuda. Setelah wisuda, besoknya kita sekeluarga langsung caw ke Jogja karena ada sodara yang nikahan. Lumayan akhirnya bisa liburan bareng sekeluarga.

Foto bareng 3 angkatan HIMA PGSD

Reward untuk kelulusanku

My everything

Alhamdulillah selama tahun 2018 ini beberapa wishlist gue udah terwujud seperti merintis bisnis, pergi ke berbagai tempat wisata, bisa selesaiin skripsi, ikutan sidang tahun ini, dan yang paling utamanya bisa wisuda. Semoga harapan-harapan gue di tahun ini seperti bisa ngajar di SD negeri maupun swasta, pola makan dan tidur teratur, rutin olahraga dan rutin nulis bisa terwujud di tahun ini. Aamiin ya rabbal alamin. Teruntuk kalian, terima kasih sudah mewarnai hari-hari gue di sepanjang tahun 2018 kemarin :))

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

You May Also Like

4 komentar

  1. Meskipun saya cuma baca seperapat paragraf doang, tapi ceritanya seru, teh. Tulisannya juga enak dibaca. Sayangnya ngga banyak aktif nulis teteh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe mohon maaf ya kalo saya udah jarang nulis. Insyaa Allah ke depannya lebih sering nulis lagi :D

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~