TIPS NAIK COMMUTER LINE

by - 18.59



Kereta Api. Siapa sih yang nggak tau kereta api? Pasti semuanya tau dong kendaraan umum yang satu ini. Kereta api ini udah jadi kendaraan wajib yang harus gue naikin kalau gue mau pergi kemana-mana. Sewaktu gue kecil dulu, tiap habis lebaran nyokap dan bokap gue selalu ngajakin gue ke rumah om gue dengan naik kereta. Mulai dari situlah gue jadi suka naik kereta. Dulu sewaktu gue kecil, tiap lagi naik kereta gue sering nyanyi,

Naik kereta api ... tut ... tut ... tut.. Siapa hendak turut.. Ke Bandung ... Surabaya.. Bolehlah naik dengan percuma.. Ayo temanku lekas naik.. Keretaku tak berhenti lama..”

Karena sekarang gue udah gede, jadi gue nggak nyanyi lagu itu lagi. Ya iyalah, kalo gue udah gede kaya gini terus nyanyi naik kereta api di kereta, yang ada nanti kira orang gila. Jaman makin kesini makin berkembang. Kereta pun juga banyak yang berubah. Fasilitasnya lebih enak dan harganya pun lebih murah. Nggak hanya itu aja yang berubah, lagu kereta pun juga berubah.

“Jukijak ijuk ijak ijuk kereta berangkat.. jukijak ijuk ijak ijuk hatiku gembira..”

Kali ini gue mau bahas tips-tips naik kereta Commuter Line. Kereta Commuter Line ini kereta yang hanya beroperasi di sekitar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Gimana caranya biar lo nggak bingung karena naik kereta yang salah atau turun di stasiun yang salah? Yuk, simak tips berikut ini :

1. Biasakan Sarapan

Sumber Gambar : disini
Kalo lo mau naik kereta commuter line sekitar jam 6-9 pagi, gue sarankan lo harus sarapan terlebih dahulu. Kenapa? Karena lo butuh tenaga ekstra untuk masuk ke dalam kereta dan berebut tempat duduk. Biasanya kereta jam-jam segitu padat banget. Gue pernah hampir pingsan di dalam kereta gara-gara nggak bisa nafas dan terjepit di antara ibu-ibu yang gemuk-_-

2. Datang Lebih Awal

Sumber Gambar : disini
Ngaret? Yup! Ini udah jadi sesuatu yang biasa di negara kita. Tenyata kereta juga sering datang tidak tepat waktu, tetapi tidak pernah mendahului jadwal. Lo nggak tahu jadwal kereta? Nggak usah takut, sekarang lo bisa mention ke @commuterline mengenai jadwal keberangkatan kereta. Mereka akan senantiasa menjawab pertanyaan kita (asal seputar kereta ya). Pastikan lo datang beberapa menit sebelum jadwal keberangkatan. Kalo ketinggalan kereta gimana? Itu sih nasib lo:p

3. Beli Tiket Sesuai Tujuan

Sumber Gambar : disini
Lo harus beli tiket dulu sebelum masuk ke dalam stasiun (ya iyalah, kalo nggak punya tiket mana boleh masuk). Sebelum lo mengantre, pastikan dulu tujuan lo mau kemana. Karena kalo salah beli, lo bisa kena denda suplisi sebesar Rp 50.000,00. Besar banget kan nominalnya? Iya, emang besar banget. Makanya itu lo harus berhati – hati sebelum membeli tiket.

4. Budayakan Bertanya

Sumber Gambar : disini
Kalo lo baru pertama kali naik kereta, gue saranin lo nanya dulu ke petugas yang ada di stasiun. Lo coba tanya ke mereka, misalnya, di mana letak loket untuk membeli tiket, toilet, atau posisi peron menuju ke stasiun tujuan lo nanti. Waktu itu gue pernah ketemu dengan petugas kereta yang mukanya kaya model cover boy majalah – majalah ternama, sayang aja gue nggak sempet kenalan dan ngobrol sama dia:p

5. Tahu Rute Kereta
Sumber Gambar : disini
Untuk point yang ini, merupakan point yang paling penting menurut gue. Karena kalo kita nggak tahu rute kereta, kita bisa nyasar dan turun di stasiun yang salah. Tapi nggak usah khawatir, di tiap pintu kereta selalu ada ditempelkan rute kok. Kadang- kadang ada petugas kereta yang menyiarkan lewat speaker, stasiun tempat pemberhentian selanjutnya. Dari dulu, gue selalu punya nyimpen jadwal ini di hp gue. Buat jaga- jaga aja sih kalo nanti gue nyasar.

6. Bawa Koran, Majalah, dan Gadget

Sumber Gambar : disini
Perjalanan kereta nggak bisa kita prediksikan cepat atau lambatnya. Biasanya kalo ada kereta lintas jawa dan kereta barang lewat, perjalanan commuter line harus tertahan sampai kereta jawa selesai melintas. Membosankan memang jika kita harus menunggu lama. Nah, disini kita bisa baca majalah atau koran, bisa ngedengerin musik, main game, dll. Tapi lo juga harus hati-hati agar gadget lo nggak berpindah ke tangan orang lain.

7. Pake Deodorant

Sumber Gambar : disini
Biasakan pake deodorant sebelum naik kereta. Kalo pas pulang ngantor / ngampus senggaknya semprotin minyak wangi dulu lah ke badan lo, biar badan lo tetap wangi. Dulu pas pulang kerja, gue berdiri di dekat ibu- ibu yang tingginya lebih dari gue. Doi ngangkat tangannya ke arah pegangan yang ada dikereta. Dan lo tau apa yang terjadi? Itu ibu-ibu keringetnya bau banget, mana gue berdiri pas dibawah keteknya lagi. Gue mencoba untuk menahan nafas sekuat tenaga. Untung aja, gue langsung buru-buru ambil masker di tas gue. Kalo nggak, bisa pingsan kali gue karena nggak kuat sama baunya.

8. Dahulukan Penumpang yang Turun

Sumber Gambar : disini
Meskipun dalam keadaan buru-buru, usahain jangan langsung masuk ke dalam kereta. Biarkan semua penumpang yang ingin turun untuk keluar terlebih dahulu. Kalo lo tetap maksain masuk, paling-paling lo bakal tabrakan sama penumpang yang turun dan ujung-ujungnya lo bakal diomelin sama penumpang yang turun karena nggak sabaran.

9. Utamakan penumpang yang sedang hamil, membawa balita, penyandang cacat dan lansia

Sumber Gambar : disini
Ibu hamil, ibu yang membawa balita, penyandang cacat dan para lansia sangat dihormati oleh para penumpang. PT KAI telah menyediakan tempat prioritas untuk mereka. Tempat duduk itu berada di pojokan gerbong. Alangkah baiknya, jika kita mau mengalah dan bersedia ngasih tempat duduk kita ke mereka. Nah, buat para cowok bisa modus juga nih. Kalo ada cewek cakep yang berdiri di depan lo, mending lo kasih tempat duduk aja. Pasti dia seneng dan langsung senyum sama lo. Kali aja dia setelah itu, lo bisa kenalan sama dia. Sukur-sukur kalo dapat nomer hpnya.


Segini dulu tips yang bisa gue kasih untuk memandu perjalanan lo sebelum naik kereta Commuter Line. Kalo ada tips tambahan bisa kalian tambahin di kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat \m/

You May Also Like

12 komentar

  1. Keren infonya, paling setuju sama poin nomor 7 tuh, harusnya sekalian pemerintah bikin peraturan yang melarang orang yang badannya bau naik angkutan umum *eh haha. By the way, salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya dibuat peraturan begitu, biar nggak ada lagi korban - korban yang berjatuhan wkwkwk. Iya, salam kenal juga ya :)

      Hapus
  2. Gue belum pernah naik kereta api, sih, hahaha. Jadi ga tau rasanya gimana. Tapi bermanfaat lah ini postingan, buat jaga-jaga siapa tau nanti naik kereta commuter line. :D

    BalasHapus
  3. Kebayang berdiri dibawah 'itunya' ibu-ibu, aromanya... hahaha xD

    BalasHapus
  4. Bener, malesin banget kalau lagi mau turun tapi udah diserbu dari penumpang yang mau naik. Untung aja gue nggak kebawa keretanya lagi karena nggak kebagian pintu keluar -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mau nggak mau kita mesti buru - buru turun sebelum diserbu sama yang mau naik. Gue pernah sampe jatoh malah pas berebutan naik-__-

      Hapus
    2. Setuju sama si Fi. Gue mau turun malah didorong masuk lagi :|
      Dan, gue masih suka bingung beli-beli tiketnya. Ehehe.

      Hapus
    3. Hahaha makanya makan dulu sebelum naik kereta supaya lo punya tenaga buat ngedorong orang- orang :D

      Sebenernya gampang kok. Lo tinggal kasih uang 10rb ke petugas yg jaga loket, lo bilang tujuan lo mau kemana. Nanti lo bakal dapet tiket harian berjaminan (THB) dan dapet uang kembalian. Tiket itu lo pake buat nge-tap di gate yang ada. Kalo udah sampe tempat tujuan, lo pake tiket lo buat nge-tap di gate stasiun tujuan lo. Kalo lo nggak mau pake tiket itu dalam kurun waktu seminggu, lo bisa tukerin di loket tempat beli tiket. Dan uang jaminan kartu lo bakal dibalikin sebesar 5000.

      Hapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~